Saturday, April 6, 2019

REVIEW: DRAMA KOREA TRAP




Hi MillersπŸ‘‹πŸ‘‹

Dalam review drama ini, aku akan ngebahas drama Trap yang tayang di stasiun TV OCN. Drama ini terdiri dari 7 episode dan bergenre drama, mystery, dan thriller. Drama ini tayang pada bulan Februari 2019. Drama ini bagus dengan mengangkat konsep drama movie.
Hmm gimana yah jelasinnya πŸ˜…πŸ˜…. Jadi meski dalam bentuk drama, sebenarnya konsepnya tuh film. Film dalam drama, drama dalam film.

Jadi intinya tuh konsep plotnya dan sinematografinya seperti layaknya film pendek, oleh karena itu juga drama ini hanya terdiri dari 7 episode. 

Eitss✋✋ tapi teman-teman pencinta drama korea, jangan takut jalan ceritanya gak bagus atau ending yang ngengantung gak jelas, karena drama ini sangat baik hingga akhir ceritanya. Salah satu drama korea yang recommended menurut aku. 


Sinopsis

Drama ini dimulai dengan menceritakan Kang Woo-Hyun (diperankan oleh Lee Seo-Jin) merupakan seorang pembawa berita yang disegani oleh banyak orang (bahkan orang penting sekalipun) dan memiliki keluarga yang harmonis dan bahagia. Semuanya terlihat sempurna hingga ia dan keluarga kecilnya mengalami hal-hal yang mengerikan dan aneh  ketika melakukan perjalanan keluarga. Istri dan anak Kang Woo-Hyun pun hilang diculik para pemburu (pembunuh manusia). Kang Woo-Hyun dengan segala luka dan lidah yang terpotong pun berusaha untuk mencari bantuan hingga akhirnya ditemukan seorang pengendara mobil di tengah jalan dengan keadaan kritis.

Ketika kasus Kang Woo-Hyun dibuka dan diselidiki, detektif veteran Ko Dong-Kook pun mengambil alih kasusnya. Ia dipercaya memegang kasus ini dikarenakan dianggap paling mampu menyelesaikannya. Disaat detektif Ko Dong-Kook menyelidiki kasus ini. Ia pun bertemu dengan letnan Yoon seo young yang berprofesi sebagai profiler, dimana dari awal pertemuan mereka, Yoon seo young mengasumsikan bahwa kasus yang mereka selidiki merupakan kasus pembunuhan berantai. Dari awalnya merasa tidak cocok, detektif Ko Dong-Kook dan profiler Yoon seo young pun menyadari kehebatan masing-masing dan melakukan kerjasama untuk menyelesaikan kasus tersebut. Dimana setiap petunjuk memperlihatkan banyak keanehan, dan tak sedikit yang harus meninggal ketika berurusan dengan kasus ini. Hingga akhirnya kasus terselesaikan dengan kebenaran yang tak terduga.

 


Review 

Untuk ide dan alur cerita menurut aku bagus banget. Kalau nilai skala 1-5, aku bakal kasih 4.7. Tadi katanya bagus banget, tapi poin penilaian masih kurang 0.3, kok bisa(?) ntar aku bahas ya 😁😁.


Okay kita akan bahas dramanya. Drama ini merupakan drama dengan banyak kejutan (untuk temen-temen yang gak suka spoiler mungkin bisa di skip ya. Karena hampir semua hasil review aku, kalau di baca sampai akhir, ujung-ujung nya temen-temen pasti tahu ceritanya, meskipun gak secara keseluruhan).

Drama ini termasuk seram menurut aku, karena banyak adegan pembunuhan dan penyiksaan yang betul-betul ditunjukkan dengan jelas. Hal itu beberapa kali membuatku merinding. Untuk yang gak tahan adegan kekerasan dan yang banyak darahnya, mungkin bisa ngeskip adegan itu. Kalau aku sih tetep nonton, walau pakai bantuan tangan untuk menutupi ketika adegan itu berlangsungπŸ˜“πŸ˜“, karena kalau langsung aku skip, takutnya aku ketinggalan alur cerita dan berujung tidak mengerti. 

Next, kita akan bahas dari para pemainnya dulu. 

  • Kang Woo Hyun diperankan Lee Seo Jin dengan sangat apik. Lee Seo Jin sendiri merupakan aktor senior yang telah banyak menerima penghargaan, jadi tahu dong ya sebagus apa aktingnya beliau.


  • Ahjussi Go Dong Kook yang diperanin oleh Sung Dong Il. Pecinta Kdrama pasti udah gak asing lagi sama ahjussi yang satu ini. Beliau itu aktor veteran yang jumlah drama dan filmnya udah banyak banget. Udah banyak peran yang udah diperanin sama ahjussi yang satu ini, mulai dari karakter seorang ayah, villain, polisi, hakim, jendral (dalam drama historical), dokter, dan yang lainnya. Tapi karakternya sebagai detektif polisi selalu tak pernah mengewakan. That’s way ahjussi ini sangat cocok dalam drama ini. Dalam drama ini, aku cukup kasihan sama karakternya, karna begitu setianya dia dengan pekerjaannya, dia harus rela terpisah dan tidak punya waktu dengan keluarganya, bahkan kehilangan beberapa orang yang berharga bagi hidupnya. Meskipun ia seorang detektif dalam drama ini, tapi tetap mengambarkan seorang ayah yang baik juga.


  • Selanjutnya adalah letnan Yoon seon young yang diperankan oleh Lim hwa young. Di dalam drama ini, ia adalah seorang profiler. Unnie yang satu ini aktingnya bagus. Gak salah sutradaranya ngecasting dia untuk karaker ini. Karena Yoon seon young tuh punya peranan penting dalam drama ini, jadi kalau dia gak bagus, kerasa banget efeknya. Sebenarnya unnie yang satu ini udah pernah main beberapa drama dan movie, tapi aku baru ngerasain bagus aktingnya dia di dalam drama ini. Mungkin karna part unnie ini lumayan banyak dalam drama ini dibanding drama sebelumnya. Kalau project movienya, aku belum pernah nonton.


  • Next adalah sekretaris nya Kang Woo Hyun yang bernama Kim shi hyun. Dia tuh dari awal digambarkan mencurigakan gitu. Agak absurb menurut aku. Kadang dia menyayangi dan sekutu sama Kang Woo Hyun tapi terkadang karakter dia nunjukkin kalau dia gak suka dan gak percaya sama Kang Woo Hyun. Yah meskipun diending dijelasin dia akhirnya tidak percaya dengan Kang Woo Hyun.

  • Kalau karakter yang paling aku kasihanin adalah Bae nam soo. Dia tuh detektif gagu yang awalnya megang kasus Kang Woo Hyun. Dia tuh sebenarnya pinter, tapi agak lamban dan selalu kurang percaya diri karena pengaruh lingkungannya.


Setelah aku menyelesaikan drama ini hingga akhir episode, ada beberapa kesan yang ingin aku utarain disini.

  • Kalau menurut aku, drama ini merupakan kdrama dengan plot twist terbanyak untuk tahun ini. Hanya dengan 7 episode, drama ini memberikan banyak twist.
  • Salut banget dengan penulis drama ini yang begitu detail dalam penciptaan setiap karakter, sebagai contoh pemeran utamanya, karakter Kang Woo Hyun itu jenius banget. Bisa banget memperkirakan waktu dan lokasi perburuan, lokasi pembuangan mayat, hingga orang-orang yang dihutan dan diperkirakan bisa jadi saksi atas kisah yang ia ciptakan padahal hutan yang disebut “tempat pemburuan” itu begitu luas. Dia juga seseorang dengan pengetahuan yang cukup dalam bidang bela diri, kedokteran, hingga kejiwaan manusia (padahal dia sendiri seorang psikopat).


3 alasan KDrama Trap layak disebut drama yang bagus, yaitu:
  • Ide cerita yang menarik, dan alur cerita yang cepat namun tidak menghilangkan nilai dari cerita
  • Sinematografi yang bagus. Sesuai aku sebutkan sebelumnya, drama ini dikonsep seperti film. Itu sebabnya sinematografinya bagus layaknya film
  • Akting para pemain yang sangat baik

Meskipun suatu drama/film itu bagus, tapi pasti ada sedikit kekurangannya. Itu kenapa aku kasih nilai  4.7 dari 5.00. 



Kekurangan:
  • Keluarga yang pro jepang yang digambarkan sebagai atasan dari seluruh pemburu, kurang ada penjelasan. Mereka hanya dijelaskan berkuasa, tapi Kenapa mereka ditakuti, bukti kekuasaan mereka dan sebesar apa kekuasaan yang mereka punya hingga pemburu mengganggap mereka bos tidak dijelaskan. Yah meskipun sebenarnya hal ini tidak mengurangi nilai dari cerita.
  • Para orang tua yang memimpin para pemburu. Menurut aku kurang tepat pemainnya. Istilahnya kurang greget jadi pemburu manusia. Sebenarnya akting mereka bagus, hanya kurangnya adegan yang membuktikan bahwa mereka udah pemburu kawakan/veteran sehingga layak disebut bos. Jadi hanya dijelaskan dengan perkataan aja.

Nah untuk kesan moral yang aku lihat dari drama ini yaitu fakta bahwa gak semua orang bisa diancam dan disogok. Masih banyak orang terutama polisi yang bertanggung jawab dengan tugasnya. Kalau dalam drama ini, salut banget sama pihak kepolisiannya.


Mereka tuh ya sampai ngorbanin nyawa untuk menyelesaikan kasus. Tak jarang juga mereka harus menyaksikan adegan pembunuhan, melawan/mengejar pembunuh, menyaksikan mayat yang mengerikan, dan menyelidiki TKP baik pagi, siang ataupun malam. Bahkan tak jarang dari mereka terluka parah, nyawanya terancam, bahkan mengalami trauma yang cukup menyiksa. Tapi apapun resikonya mereka harus tetap fokus dalam meyelidiki kasus yang mereka pegang. πŸ‘πŸ‘



Untuk endingnya, banyak yang berkomentar bahwa drama ini happy ending, tapi menurut aku bukan hanya happy ending sih, namun tergolong 3 jenis ending, yakni happy ending, sad ending, dan question ending. Kenapa??? 

Happy ending karena emang penjahat kelas kakapnya pada mati dan hancur semua. Sad ending karena walaupun semuanya bahagia, tapi Ko Dong-kook tetap menderita dengan memiliki penyakit hasil penyiksaan sebelumnya, dimana harus ia harus mengkonsumsi penawar sebulan sekali, dan belum ditemukan metode penyembuhan ataupun cara membuat penawarnya. Question ending karena Kang Woo Hyun masih hidup dengan bebas meskipun memiliki penyakit yang aneh dan dia berusaha mencari penawar penyakitnya. Kang Woo Hyun dan Ko dong kook juga seperti masih memiliiki visi untuk saling menghancurkan atas masalah mereka yang belum selesai (mau dibuatin sekuel mungkin yak?? πŸ˜†). Tapi apapun sebutan endingnya, menurut aku tetap bagus.

Nah untuk menutup review kali ini, aku mau memetik doanya detektif Ko dong kook yang menurut aku tulus dan hasil dari keputusasaannya.

"Tuhan, jauhkan semua orang dariku. Aku gagal melindungi siapa pun. Jauhkan aku dari orang-orang yang berharga."

 

"Tuhan, kenapa Engkau terus mengutus orang baik ke dalam hidupku??"

Kata-kata itu selain hasil dari keputusasaannya yang gagal melindungi orang yang dihargainya, namun menurut aku, itu juga bukti Tuhan selalu menyayangi dan memperhatikannya disaat hidupnya sulit. Karena setiap orang pasti membutuhkan bantuan/orang lain disaat kesusahan. Tuhan tak akan meninggalkan mu sendiri. 

Sekian review drama kali ini, semoga teman-teman menikmatinya. See u on next reviewπŸ‘‹πŸ‘‹

Load comments