Monday, September 7, 2020

Rekomendasi Jenis Makanan Sehat Selama Masa Pandemi Covid 19

Hai Millers 👋👋


Untuk melakukan 5 tips untuk tetap produktif selama pandemi yang sebelumnya kita bahas disini, kita harus menjaga kondisi tubuh kita tetap sehat meskipun kita hanya beraktifitas dari rumah.


Nah salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan meningkatkan kekebalan tubuh yaitu dengan mengkomsumsi jenis makanan yang kaya akan nutrisi.


Nah sahabatkamomil akan sharing beberapa rekomendasi makanan yang pastinya kaya akan nutrisi yang sesuai dengan rekomendasi dari World Health Organization (WHO)



1. Buah-buahan


Hayo teman-teman pada suka buah-buahan gak nih? Buah-buahan selain enak rasanya, kaya akan vitamin juga loh teman-teman. Dari sekian banyak jenis buah-buahan, ada 4 jenis buah yang sangat kaya vitamin dan sangat mudah dicari selama masa pandemi ini, yaitu :

 

👉 Pisang : Pisang salah satu buah yang memiliki vitamin B6 yang tinggi dan kaya akan serat. Pisang juga menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan kandungan kalium yang penting untuk tubuh.

Source pic: liputan6.com

👉 Jeruk : Jeruk sering banget nih berdampingan dengan pisang dalam sebuah parsel buah-buahan. Hal itu karena jeruk memiliki kandungan Vit c yang tinggi, kaya akan serat, dan dapat menjadi salah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh, sehingga akan sangat bagus jika diparselkan untuk orang sakit maupun orang yang sehat. 

 

Source pic: indonesiasatu.co

👉 Apel : nah untuk buah ketiga ini, pasti teman-teman sudah sangat familiar bukan dengan namanya? Banyak orang yang menyukai buah ini. Buah ini sangat cocok teman-teman konsumsi karena mengandung Vit C, serta kaya akan antioksidan dan serat.

 

Source pic: faktualnews.co

👉 Nenas : Meskipun nenas salah satu buah yang rendah kalori, namun nenas sangat kaya akan nutrisi.  Menurut Direktorat Gizi Depkes RI (1998), nenas per 100 gr nya mengandung: 

*Protein ( g ) 0,40

*Lemak ( g ) 0,20

*Karbohidrat (g) 16,00

*Kalsium (mg) 19,00

*Fosfor (mg) 9,00

*Serat (g) 0,40

*Besi (g) 0,20

*Vitamin A (IU) 20,00

*Vitamin B1 (mg) 0,08

*Vitamin B2 (mg) 0,04

*Vitamin C (mg) 20,00

*Niacin (g) 0,20 

 

Wow banyak sekali bukan? Cocok banget nih bagi teman-teman yang juga lagi diet. Buah nenas juga sangat mudah ditemukan dan memiliki harga relatif murah, sehingga teman-teman akan mudah untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. 

 


2. Sayur-sayuran


Selain buah-buahan, sayur-sayuran  merupakan salah satu makanan paling sehat nih sahabat. Meskipun sepertinya masih banyak ya mungkin diantara teman-teman yang gak suka konsumsi sayur-sayuran 😅😅


Tapi, dikondisi sekarang ini, penting banget loh mengkomsumsi sayur-sayuran karena sayuran kaya akan nutrisi untuk kesehatan tubuh. 4 Contoh sayurannya yaitu :

 

👉 Brokoli : brokoli merupakan salah satu sayuran yang mengandung vitamin C dan K. Selain itu, sayur ini juga sumber serat dan memiliki sumber protein yang lebih tinggi dibandingkan jenis sayuran lainnya.

Source pic: health.kompas.com

👉 Mentimun : Mentimun juga menjadi salah satu sayuran yang mengandung vitamin K. Dan mentimun ini rendah akan karbohidrat dan kalori. Untuk para kaum diet bisa juga nih mengkomsumsi mentimun, so kesehatan terjaga, porsi berat badan juga terjaga.

 

Source pic : jawapos.com

👉 Wortel : Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat baik untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin A.  Selain itu, wortel ini juga kaya akan karoten loh yang efektif dalam perlindungan terhadap beberapa jenis penyakit seperti kanker, jantung, dan lainnya. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin K yang penting untuk membantu mengendalikan tekanan darah  dan dapat menjaga kesehatan tulang.

 

Source pic: kompas.com

👉 Kembang Kol : Meskipun bewarna pucat, kembang kol ini mengandung 15 % kandungan vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, kembang kol mengandung antioksidan, serat, dan asam folat yang cukup tinggi. Dimana, kandungan ini dapat membantu pertumbuhan jaringan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Source pic: hellosehat.com

Ini hanya beberapa jenis sayuran ya guys. Akan sangat baik jika mengkomsumsi lebih banyak lagi jenis sayur-sayuran, karena sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh karena kaya akan nutrisi. 

 


3. Daging


Nah yang ini tuh makanan favoritnya banyak orang. Daging yang dikonsumsi dengan porsi yang tepat tentu akan sangat baik untuk tubuh. Selain rasanya yang enak, daging merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Contohnya yaitu :

 

👉 Dada Ayam : Dada ayam mengandung protein yang sangat tinggi dan sangat rendah lemak dan kalori. Dari seluruh bagian ayam , dada ayam ini yang paling sehat dan sumber nutrisi yang baik untuk tubuh.

Source pic: hellosehat.com

👉 Daging sapi : Daging sapi juga memiliki sumber protein yang baik dan serat zat besi. Daging sapi yang berkualitas bagus memiliki lemak yang sedikit, sehingga aman untuk dikomsumsi.

 

Source pic: alodokter.com

 


4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian


Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung magnesium dan vitamin E yang baik untuk kesehatan tubuh. Misalnya :

 

👉 Kacang almond : Kacang ini mengandung vitamin E, magnesium, serat, dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jika sering mengkomsumsi kacang ini, akan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Kacang almond juga dapat sebagai snack yang bergizi loh jika diolah dengan benar. 

Source pic: m.akurat.co

👉 Kacang kenari : Kacang kenari juga salah satu kacang yang banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Dimana, setiap 30 gr kacang kenari mengandung kalori, karbohidrat, gula, serat, protein, lemak, dan kalsium. Tidak hanya itu, kacang ini juga mengandung vitamin B6, mangan, tembaga, magnesium, zat besi, dan asam lemak omega 3 dan lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengatasi berbagai penyakit seperti hypertensi, mengendalikan gula darah, kesehatan otak, dll.

 


5. Ikan


The last but not the least, ada pilihan Ikan. Ini jenis makanan yang bagus banget untuk dikonsumsi untuk segala golongan umur. Tahu dong ya, kalau pemerintah kita sangat menyarankan masyarakatnya mengkonsumsi ikan untuk konsumsi sehari-hari, mengingat banyaknya nutrisi yang terkandung dalam ikan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.  Sebagai negara kepulauan tentu kita harus bangga dengan hasil perikanan negara kita yang begitu melimpah. 

Ikan dan makanan laut lain sangat sehat untuk kesehatan tubuh karena mengandung gizi yang tinggi yaitu diperkaya dengan asam lemak omega 3 dan 6, yodium, dan gizi lainnya. Seperti :

 

👉 Ikan sarden : Ikan sarden sudah tidak asing lagi nih. Ikan sarden merupakan salah satu ikan yang mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi yang berguna untuk mencegah penyakit jantung dan dapat mengurangi pengumpalan darah dalam arteri. Selain itu, ikan ini juga mengandung vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang.

Source pic: sajiansehat.grid.id

👉 Ikan salmon : Ikan salmon mengandung kalium, selenium, dan vitamin B12. Selain itu, ikan ini mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung, menunjang perkembangn otak. Selain itu, ikan ini baik juga untuk menjaga kesehatan tulang karena mengandung vitamin K.

Source pic: liburanjepang.com

Nah jika tetap mengkomsumsi makanan sehat seperti diatas dan melakukan protokol kesehatan sesuai yang telah diarahkan oleh pemerintah, tentu akan mengurangi resiko tubuh teman-teman terpapar virus Covid-19.


Sampai sini dulu ya infonya teman-teman. Stay safe & Stay healthy 👋👋

Load comments