Sunday, June 13, 2021

Kesan Pertama Drama My Roommate is A Gumiho



Ditengah banyaknya genre berat Kdrama hingga pertengahan tahun 2021 ini, selain drama "Doom at Your Service", ada lagi nih drama romance fantasy yang lumayan seru untuk menemani waktu kosong kamu. Jika tahun lalu Kdrama lovers ditemani Gomiho tampan "Lee Yeon dan Lee Rang" dalam drama "Tale of The Nine Tailed", maka tahun ini teman-teman akan ditemani Gomiho yang tak kalah tampan juga yang bernama Shin Woo-Yeon dalam drama terbaru tvN yang berjudul "My Roommate is A Gumiho".


Aku pribadi sangat menyukai film/drama genre fantasy. Mahkluk fantasi favorit aku ada 3 yaitu Dragon, Phoenix, dan Gumiho. Baik Kdrama ataupun Cdrama genre fantasy pasti banyak banget mengambil tema ketiga mahkluk ini. Oleh sebab itu aku excited banget ketika drama "My Roommate is A Gumiho" akan tayang.


Photo by Asianwiki

Profile (source : Asianwiki)

  • Title : My Roommate is A Gumiho
  • Director : Nam Sung-Woo
  • Writer : Na (Webcomic), Baek Sun-Woo, Choi Bo-Rim
  • Network : tvN
  • Episodes : 16
  • Release date : May 26-July 15 2021
  • Runtime : Wednesday and Thursday
  • Genre : Fantasy, Romance, Comedy
  • Cast :
    • Jang Ki-Yong : Shin Woo-Yeo 
    • Hyeri : Lee Dam
    • Kang Han-Na : Yang Hye-Sun
    • Kim Do-Wan : Do Jae-Jin
    • Bae In-Hyuk : Gye Sun-Woo
    • Park Kyung-Hye : Choi Soo-Kyeong
    • Choi Woo-Sung : Lee Dan
    • Oh Hyun-Kyung : Lee Dam's Mother

Sinopsis


Shin Woo-Yeo merupakan seorang profesor dan penulis buku tampan yang memiliki kepribadian yang lembut dan ramah. Selain memiliki fisik yang menawan, ia juga sangat kaya sehingga orang-orang menyebutnya pria yang sempurna. Namun meskipun ia ramah, ia sangat dingin dan tertutup jika ada seseorang yang ingin dekat dan masuk ke dalam kehidupannya. Disatu sisi ia juga merahasiakan wujud aslinya yang merupakan seorang Gumiho berekor 9 yang telah berumur 999 tahun.

Lee Dam merupakan seorang mahasiswi jurusan sejarah. Ia merupakan seorang gadis cantik yang ceria, kuat, dan setia kepada teman. Ia lumayan populer diantara pria di universitasnya, namun dengan kepribadiannya yang unik, ia tidak pernah memiliki pacar dalam hidupnya.

Suatu hari Lee Dam sangat sial dimana sahabat laki-lakinya yang sedang mabuk berat muntah ke sebuah mobil mewah. Mobil ini merupakan miliki Shin Woo-Yeo. Lee Dam yang terkejut langsung meminta maaf kepada Shin Woo-Yeo yang sedang berdiri dekat dengan mobil tersebut. Shin Woo-Yeo yang mengetahui bahwa mereka masih seorang mahasiswa, memaafkan mereka dan tidak meminta ganti rugi kepada mereka. Lee Dam sangat senang mendengar hal tersebut, dan dengan segera berusaha membawa pulang temannya yang sedang mabuk itu. Namun karena temannya sangat mabuk sehingga ia tak dapat berjalan dengan benar dan membuat mereka berdua akan terjatuh ke tanah. Shin Woo-Yeo yang melihat hal tersebut dengan cepat menangkap Lee Dam agar tidak ikut terjatuh. Tetapi sesuatu hal yang tak terduga terjadi, dimana kelereng rubahnya tiba-tiba saja masuk ke dalam tubuh Lee Dam ketika Shin Woo-Yeo berusaha menangkap tubuh Lee Dam yang akan terjatuh ke tanah. Kejadian itu pun benar-benar mengubah takdir mereka. Lee Dam yang baru saja menelan kelereng rubah seketika itu pun pingsan.

Setelah Lee Dam sadar, Shin Woo-Yeo pun memberitahu identitas aslinya sebagai Gumiho berekor 9. Ia juga menjelaskan bahwa Lee Dam telah menelan kelereng rubahnya yang dimana kelereng rubah tersebut satu-satunya jalan agar dia menjadi seorang manusia. Meskipun Lee Dam pada awalnya merasa takut dan merasa terkejut, ia berusaha berpikir jernih dan tetap mendengar penjelasan dari Shin Woo-Yeo. Lee Dam diberitahu bahwa kelereng rubah tersebut hanya dapat bertahan paling lama 1 tahun dalam tubuh manusia. Jika melewati waktu tersebut, maka ia akan mati dan Shin Woo-Yeo juga tidak akan punya kesempatan untuk menjadi manusia.
 
Dengan kondisi tersebut, Shin Woo-Yeo dan Lee Dam memutuskan untuk tinggal bersama di rumah Shin Woo-Yeo untuk menjaga kelereng rubah dan juga agar mereka dapat mencari solusi secara bersama-sama.

Photo by @tvndrama.official via instagram.com

Kesan Pertama


Setelah menonton 6 episode pertama, kesanku adalah drama ini sangat ringan dan lumayan menghibur. Penonton tak perlu banyak berpikir tentang alur atau teori-teori rumit ketika menontonnya karena dari awal episode, drama ini sudah menjelaskan alurnya dengan cukup jelas. Cerita dalam drama ini pun cukup klasik dan lucu. Berhubung drama ini genrenya adalah comedy dan diadaptasi dari sebuah webcomic, maka Millers akan melihat lumayan banyak Comical scene di setiap episodenya.

Photo by @tvndrama.official via instagram.com

Akting para pemeran dalam drama ini sudah lumayan bagus. Untuk Jang Ki-Young, aku personally lebih menyukainya dalam drama ini dibanding drama lainnya yang dimana ia juga Co-starnya, seperti drama Come and Hug Me, Search : WWW, dan Kill It. Aku merasa ekspresi Oppa ini lebih banyak ditunjukkan dalam drama ini. Kalau untuk visual Oppa Jang Ki-Young jangan ditanya sih, sangat mempesona tentunya.

Photo by @tvndrama.official via instagram.com

Bagi yang sudah menonton drama Star-Up pasti akan senang melihat reuni Kang Han-Na dan Kim Do-Wan dalam drama ini. Meskipun dalam Star-Up mereka tidak sebagai couple, namun banyak yang berharap dalam drama ini mereka akan menjadi couple. Untuk Unnie Kang Han-Na selain aktingnya yang bagus, penampilannya sangat cantik dan menawan dalam drama ini. Karakternya sebagai cewek seksi namun terkadang terlihat bodoh akan sangat lucu dan menghibur.

Photo by @tvndrama.official via instagram.com

Hyeri sendiri mendapat lumayan banyak kritikan atas aktingnya dalam episode awal drama ini. Banyak Knetz yang mengatakan bahwa aktingnya kaku dan terlalu mirip dengan karakternya sebagai Duk-Sun dalam drama Reply 1988. Tapi menurut aku akting Unnie ini lumayan bagus dan menghibur. Memang kedua karakternya ini terlihat mirip, terutama ekspresi lawaknya yang begitu lucu hingga banyak digunakan sebagai meme. Sehingga karena kedua karakternya memang karakter yang lucu dan periang, serta genre dramanya adalah comedy, jadi wajar saja jika ekspresi muka dan aktingnya sebagai Duk-Sun dan Lee Dam mirip. Jadi bukan karena Hyeri tidak bisa akting. Aktingnya sebagai Lee Dam dalam drama ini lumayan cocok dan menghibur.

Photo by @tvndrama.official via instagram.com

Untuk yang mengharapkan alur yang wow, banyak plot twist, dan yang lainnya, mending dihilangkan dahulu semua persepsinya ketika akan menonton drama ini supaya tidak kecewa atau termakan oleh harapan yang terlalu tinggi. Alur drama ini lumayan intens dan ringan jadi tujuannya memang untuk menghibur. Mungkin alurnya akan lebih berat dan rumit seiring bertambahnya episode yang tayang. Aku pribadi hanya sedikit menyayangkan plot untuk Lee Dam yang begitu cepat jatuh cinta kepada Shin Woo-Yeo ketika masih awal-awal episode. Karakternya merupakan gadis yang berhati kaku terhadap cowok dan belum pernah punya pacar sebelumnya, jadi karakternya seharusnya tidak secepat itu jatuh cinta kepada Shin Woo-Yeo.

Photo by @tvndrama.official via instagram.com

Secara keseluruhan, yang paling aku suka adalah sinematografi dan CGI dalam drama ini. CGI dalam drama ini lumayan mulus dan bagus, terutama scene ketika Shin Woo-Yeo berubah menjadi Gumiho berekor 9 raksasa.

Banyak yang menganggap bahwa drama ini B aja. Untuk sejauh 6 episode ini, aku setuju sih kalau dikatakan drama ini B aja. Tapi meskipun begitu, bagi pecinta genre romance, comedy, fantasy pasti akan sangat merasa terhibur ketika menonton drama ini, terutama disaat keadaan stress atau penat.

Bagi Kdrama lovers yang ingin menonton dan mengikuti drama ini, bisa streaming melalui platform iQIYI ya. 

Sekian dulu kesan pertama ini dan jangan bosan-bosan membaca di blog ini ya Millers, See you 👋👋

Load comments