Saturday, June 19, 2021

Review dan Sinopsis Drama Korea Hospital Playlist



Hospital Playlist 2 akhirnya menayangkan episode pertama pada tanggal 17 Juni 2021 setelah 1 tahun penantian. Meskipun harus menunggu lama untuk season 2 dari drama ini, namun itu worth it banget mengingat bagusnya drama korea yang satu ini. Berdasarkan Nielsen Korea, episode 1 drama yang bertema "Wise Doctor Life" ini bahkan berhasil mencetak rating 10,007% (Nationwide) dan 11,373% (Seoul). Jika dibandingkan episode 1 season sebelumnya yaitu 6,325% (Nationwide) dan 7,113 % (Seoul), rating season 2 ini jauh lebih tinggi. Dari rating ini dapat kita lihat bahwa banyak penonton drama korea yang sangat menantikan season kedua dari drama ini.


Dengan kepopuleran drama ini, semakin banyak penonton yang penasaran dan tertarik untuk menonton season 2 drama ini, namun mereka menjadi ragu karena belum menonton season 1 drama ini. Yang sering ditanyakan adalah


"Apakah harus menonton season 1 agar dapat mengerti season 2 ini?"


Jawabannya adalah "YA"


Teman-teman wajib banget menonton season 1 jika ingin menonton season 2 ini, karena season 2 ini akan membahas problem yang belum diselesaikan di season 1. Perkenalan setiap karakter secara lengkap pun hanya bisa didapatkan di season 1. Untuk menonton season 1, penonton juga tidak perlu menyiapkan waktu terlalu banyak karena drama ini hanya terdiri dari 12 episode .


Sebelum membahas review drama ini, saya akan mencoba merangkum karakter pemeran utama secara singkat dari drama Korea Hospital Playlist 1.


Photo by @tvndrama.official via instagram.com


Profile (Source : Asianwiki)

  • Title : Hospital Playlist
  • Director : Shin Won-Ho
  • Writer : Lee Woo-Jung
  • Network : tvN, Netflix
  • Episodes : 12
  • Release date : March 12 - May 28, 2020
  • Genre : Slice of life, drama, medical, romance, comedy, friendship
  • Main Cast :
    • Cho Jung-Seok : Lee Ik-Joon
    • Yoon Yeon-Seok : Ahn Jeong-Won
    • Jung Kyoung-Ho : Kim Jun-Wan
    • Kim Dae-Myung : Yang Seok-Hyeong
    • Jeon Mi-Do : Chae Song-Hwa

Sinopsis


Drama ini bercerita tentang kehidupan dan persahabatan 5 orang dokter di sebuah rumah sakit besar, Yulje. Mereka berlima berkuliah di fakultas kedokteran yang sama di tahun 1999. Persahabatan mereka sangat erat mulai dari kuliah hingga mereka akhirnya bekerja di rumah sakit yang sama. Selain kehidupan mereka sebagai dokter, mereka juga memiliki minat di dalam musik dan membentuk grup band yang mereka sebut 'Parasol Band'.


Photo by @tvndrama.official via instagram.com



Rangkuman Singkat Season 1 ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡ (Untuk yang gak suka spoiler, bisa skip rangkuman ini, dan langsung ke review aja ya)

⇒Lee Ik-Joon⇐
Ia merupakan dokter Hepatobiliary surgeon. Ia adalah seorang dokter yang jenius dan memiliki pribadi yang ekstrovert. Ia sangat mudah dan suka bergaul dengan semua orang mulai dari pasien, bidan/perawat, hingga dokter di divisi yang berbeda. Tak ada rahasia/gosip di rumah sakit yang tidak ia tahu. Ik-Joon memiliki kepribadian yang ceria, dan suka melawak sehingga orang sekitarnya sangat nyaman untuk berteman dengannya. 

Ik-Joon juga merupakan ayah tunggal dari seorang putra yang bernama Lee Woo-Joo, atau sering dipanggil dengan Woo-Joo. Ia dan mantan istrinya berpisah akibat istrinya yang berselingkuh.

Photo by @tvndrama.official via instagram.com


⇒Ahn Jeong-Won⇐
Ia merupakan seorang pediatric surgeon. Ia sangat menyayangi anak-anak. Ia merupakan seorang yang berhati lembut dan memiliki empati yang sangat tinggi sehingga ia sering merasa sedih dan tertekan ketika ada pasiennya yang drop ataupun meninggal. Ia sangat ramah kepada semua orang dan sangat peka dengan penderitaan orang lain. Meskipun ia sangat baik dan lembut, namun ia adalah orang yang sangat perhitungan jika berurusan dengan ke 4 sahabatnya.

Ia merupakan anak dari pemilik rumah sakit Yulje, namun ia tidak hidup layaknya orang kaya pada umumnya dan ia tidak memiliki banyak uang. Hal ini terjadi karena ia selalu menyumbangkan uang pribadi dan sebagian besar gajinya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan/operasi. Ia sendiri memiliki cita-cita seorang pastor. Namun cita-citanya tidak direstui ibunya, karena ia adalah anak terakhir 5 bersaudara, dimana 2 saudara laki-lakinya telah menjadi pastor, dan 2 kakak perempuannya telah menjadi biarawan/suster. Setelah gagal membujuknya agar tidak menjadi pastor, akhirnya ibunya memiliki harapan terakhir setelah melihat bahwa Ahn Jeon-Won seperti memiliki ketertarikan dengan Shin Hyun-Bin, yang merupakan dokter residen di rumah sakit Yulje. Pasangan ini juga kelak diberi penonton julukan sebagai pasangan "Winter Garden".

Photo by @tvndrama.official via instagram.com


Kim Jun-Wan
Ia merupakan seorang cardiothoracic surgeon. Ia merupakan seorang yang sangat berpikir kritis dan selalu berbicara to the point. Ia sangat tegas dan perfeksionis sehingga kerap membuatnya marah dengan dokter residen di divisinya. Namun meskipun terlihat seperti seseorang yang berkepribadian dingin, ia merupakan dokter yang sangat kompeten dan bertanggung jawab untuk pasiennya. Ia akan selalu melakukan yang terbaik untuk mengobati pasiennya. Dibalik sisi dinginnya, ia sebenarnya seseorang yang berhati lembut dan perhatian kepada orang-orang disekitarnya. Ia tak ragu mengorbankan kepentingan pribadinya untuk menolong pasien ataupun rekan sekerjanya.

Di dalam grup, ia memiliki 1 kebiasaan yang sama dengan Chae Song-Hwa, yaitu memiliki porsi makan yang besar dan sangat cepat ketika memakan sesuatu. Hal ini kerap membuat ke-3 lainnya kesal karena tidak mendapat jatah makanan ketika mereka sedang makan bersama. Ia juga memiliki secret relationship dengan Lee Ik-Soon, yang merupakan adik dari sahabatnya Lee Ik-Joon.

Photo by @tvndrama.official via instagram.com


⇒Yang Seok-Hyeong⇐
Ia merupakan seorang obstetrician and gynecologist. Ia sangat introvert dan hanya terbuka kepada keempat sahabatnya. Ia sangat tidak nyaman di dalam keramaian dan kerap menyendiri ketika beristirahat agar tidak perlu berinteraksi dengan orang lain. Ia memiliki hobi menonton dan Tv merupakan hal yang sangat ia sayangi diantara semua barang dirumahnya. Ia merupakan seorang dokter yang sangat kompeten dan selalu peka terhadap perasaan pasien, baik yang diucapkan maupun tidak. Ia selalu melakukan yang terbaik untuk seluruh pasiennya. Meskipun ia tertutup kepada orang sekitarnya, namun ia adalah dokter yang sangat lembut dan memiliki empati yang tinggi.

 

Ketika masih berkuliah ia pernah menyukai Chae Song-Hwa, tapi ia ditolak. Namun meskipun demikian, mereka tetap bersahabat dengan baik. Yang Seok-Hyeong kemudian menikah dengan seorang wanita setelah ia menjadi dokter, namun sayang pernikahan mereka gagal dan membuat Yang Seok-Hyeong menjadi duda. Ia sendiri tetap tidak menjalin hubungan yang baru dengan wanita lain karena masih merasa bersalah dengan mantan istrinya yang menurutnya menderita akibat masalah keluarganya. Ia juga tidak ingin ada orang lain yang akan menderita karena dirinya.


Photo by @tvndrama.official via instagram.com


Chae Song-Hwa

Ia merupakan seorang neurosurgeon. Ia merupakan dokter jenius yang sangat suka menolong orang lain. Ia tak akan segan menolong rekannya dalam urusan pekerjaan ataupun tugas disertasi sesibuk apapun pekerjaannya. Ia sangat senang bekerja dan belajar. Ia juga disebut sebagai dokter 'hantu' karena selalu tepat waktu dalam seluruh kegiatannya tak peduli selelah apapun atau sesibuk apapun ia dihari sebelumnya.

 

Ia merupakan satu-satunya wanita dan paling normal perilakunya diantara mereka ber-5. Ia sering menjadi penengah di saat teman-temannya sedang berselisih. Ia juga dijadikan tempat "curhat' oleh teman segrup ataupun rekan sejawatnya di rumah sakit, karena ia merupakan seorang pendengar yang baik, dan pemberi saran yang bijaksana. Ia memiliki 2 perilaku unik, yaitu suka melakukan camping sendirian di akhir pekan dan sangat ingin menjadi vocal di grup band mereka meski memiliki suara sumbang.

 

Saat kuliah, ia terlibat cinta segitiga dengan Lee Ik-Joon dan Yang Suk-Hyung. Namun Chae Song-Hwa akhirnya menolak Yang Suk-Hyung dan Lee Ik-Joon memilih untuk tidak menyatakan perasaannya kepada Chae Song-Hwa demi menjaga persahabatan mereka.


Photo by @tvndrama.official via instagram.com


REVIEW

Kalau Millers sebelumnya sudah menonton dan menyukai drama Korea Prison Playbook atau setidaknya satu dari rangkaian The Reply, pasti akan menyukai drama yang satu ini juga. 


Alur, plot, scene transition, tone warna saat scene transition, dan gaya comedy drama ini memiliki banyak kemiripan drama Korea Prison Playbook dan The Reply karena kesamaan penulis dan sutradara. Drama Hospital Playlist ini juga memiliki kesamaan dalam genre slice of life, comedy, dan romance. 


Drama ini merupakan termasuk dalam tema "Wise life", so, penonton akan diajak untuk bagaimana berpikir positif dan bertindak bijak dalam kehidupan sehari-hari dan pekerjaan. Penonton tidak akan menemukan banyak konflik yang menegangkan dalam drama ini. Alur juga sedikit lambat, sehingga penonton benar-benar diarahkan untuk menikmati setiap momen dalam drama ini.


Dari drama ini, penonton akan dapat melihat bagaimana padat dan sibuknya kehidupan para pekerja di rumah sakit. Semua dokter dalam ini pun diceritakan sangat bertanggung jawab terhadap para pasiennya dan kompeten dibidangnya, serta sangat cepat bertindak ketika kejadian darurat terjadi. Namun meskipun bergenre medical, drama ini akan lebih banyak fokus kepada bagaimana kehidupan di rumah sakit dibandingkan kasus-kasus penyakit yang mungkin terjadi. 


Bagi saya, drama Hospital Playlist merupakan salah satu drama Korea terbaik sepanjang masa.


Kalau ditanya apa yang bagus dari ini, saya akan menjawab 'banyak'. Wah apa aja ya?

  • Sesuai dengan genrenya slice of life, tentu penonton akan mendapat banyak nilai moral kehidupan dalam drama ini, mulai dari dalam suatu keluarga, lingkungan pekerjaan, dan persahabatan.
  • Temanya medical, tapi drama ini tidak tegang sama sekali. Ada saat masalah terjadi di rumah sakit, namun setiap karakternya menyelesaikan setiap masalahnya dengan baik dan bijak. Humor dan scene komedi dalam yang disuguhkan drama ini pun sangat menghibur, sehingga membuat penonton tidak akan merasa bosan ketika menontonnya. Skrip yang begitu baik membuat penonton menikmati setiap genre yang disuguhkan oleh drama ini.
  • Hanya 12 episode. Penonton tidak perlu meluangkan banyak waktu menikmati drama yang satu ini.
  • Setiap karakter pemeran utamanya sangat unik dan memiliki kesan yang sangat baik. Hal ini juga dapat dirasakan penonton berkat akting dan chemistry para pemerannya yang begitu bagus. Dalam hal comedy/humor, tak hanya pemeran utama, para pemeran pendukung juga mempunyai banyak bagian yang tentu membuat drama ini semakin menghibur.
  • Simpel tapi bermakna. Mulai karakter para pemeran hingga konflik yang terjadi dalam drama ini benar-benar simpel tanpa membuat otak tegang dan panas. Namun meskipun terlihat simpel, mengandung banyak makna dan emosi didalamnya.  Konflik yang terjadi pun hanya fokus dari kehidupan pemeran utamanya dan kehidupan sekitar mereka di rumah sakit. Bisa dibilang, konflik dalam drama ini tidak ada yang terlalu menegangkan karena penonton akan diajak untuk bagaimana berpikir positif, bertindak bijak, dan senantiasa melakukan kebaikan. Tidak ada drama-drama klise di dalam drama Hospital Playlist ini.

Walaupun ada banyak hal positif dan menarik dari drama ini, hal yang paling saya sukai adalah persahabatan dari ke-5 pemeran utama. Mereka ber-5 memiliki passion yang berbeda, dan sifat yang berbeda, namun dapat menjaga persahabatan mereka dengan sangat baik. Mereka selalu berpikir positif, bertindak bijak, bertanggung jawab dan melakukan yang terbaik di pekerjaan mereka, serta sangat setia terhadap sahabat mereka disaat susah maupun senang. 

Bagi yang baru menonton season 1 sekarang tentu memiliki kesenangan tersendiri, karena tidak perlu menderita dan penasaran untuk menunggu 1 episode disetiap minggunya. Para penonton drama on-going pasti sangat tahu rasanya๐Ÿ˜, terutama karena drama Hospital Playlist hanya tayang 1x dalam seminggu.

Secara keseluruhan drama ini bagus dan sangat menghibur. Drama ini saya rekomendasikan bagi kamu penikmat drama Korea yang suka dengan genre medical, slice of life, comedy, dan romance.

Bagi yang ingin menonton drama Hospital Playlist season 1 secara lengkap bisa menontonnya di Netflix dan dapat mengikuti season 2 di platform yang sama setiap hari Kamis di setiap minggunya.



Load comments