Friday, July 9, 2021

Rekomendasi Drama China dengan Tema Esports, Paling Seru dan Terfavorit


Photo by Patar Knight - Wikipedia/Esports

Berbeda dengan artikel sebelumnya yang membahas drama Korea, maka kali ini saya akan membahas drama China/mandarin. Dari dahulu sebenarnya saya sudah menyukai drama China, khususnya untuk drama bergenre fantasy, wuxia, xianxia, dan xuanhuan. Namun semenjak menonton Cdrama yang bertemakan esports, saya sangat menyukainya. Untuk Kdrama sendiri, saat ini saya belum menemukan drama yang mengambil topik esports atau profesi gamers profesional.


Topik esports tentu bukanlah topik yang baru. Namun mungkin masih banyak orang yang belum mengenal dan tahu tentang esports. Esports sendiri merupakan pertandingan/ kompetisi video games yang dilakukan oleh pemain profesional.



Di dunia perfilman/drama, topik esports merupakan hal yang baru dan masih jarang ditemukan. Saya yang pencinta film/drama dan tidak memainkan game online, tentu sebelumnya tidak tertarik jika harus berbicara atau menonton film/drama dengan tema esports, karena pada dasarnya saya tidak mengetahui  tentang dunia esports. Namun setelah menonton beberapa drama China/mandarin dengan tema esports, saya menjadi sedikit mengetahui dan tertarik dengan topik esports.


Mungkin bagi sebagian orang terutama yang tidak suka dengan game, akan berpikir bahwa drama dengan tema esports akan membosankan dan tidak menarik. Jika teman-teman berpikiran hal sama, maka siap-siap berubah pikiran setelah menonton kumpulan drama Tiongkok dengan tema esports dibawah ini.


1. Love O2O

 



Drama ini tayang pada tanggal 22 Agustus 2016. Episode : 30. Rating IMDb : 8.0/10. Pemeran utama dalam drama ini adalah Yang Yang yang berperan sebagai Xiao Nai/Yi Xiao/Nai He, dan Zheng SHuang yang berperan sebagai Bei Wei Wei/Lu Wei Wei. Drama ini bergenre games dan romance.

 

Drama ini bercerita tentang seorang mahasiswi di jurusan ilmu komputer yang bernama Bei Wei Wei yang juga ahli dalam bermain game. Di dunia games ia dikenal sebagai Lu Wei Wei yang memiliki kemampuan bertarung yang tinggi. Di dalam dunia game, Bei Wei Wei memiliki pasangan yang bernama Nai He. Namun di dalam dunia nyata Bei Wei Wei sama sekali tidak mengenal pasangannya itu.

 

Setelah beberapa waktu, Nai He dan Lu Wei Wei memutuskan untuk bertemu di dunia nyata. Awal pertemuan mereka lumayan mengejutkan bagi Bei Wei Wei karena Nai He merupakan Xiao Nai yang merupakan senior jurusannya yang begitu tampan, pintar, dan terkenal di universitasnya.

 

Pertemuan mereka pun membawa mereka kepada suatu hubungan romantis hingga akhirnya berakhir sebagai sepasang kekasih. Meskipun dalam suatu hubungan romantis, tetapi mereka tetap berusaha dan saling mendukung untuk keberhasilan masing-masing karir mereka, dimana Xiao Nai menjadi seorang CEO perusahaan game, dan Bei Wei Wei bekerja di bidang pengembangan game.

 


2. Gank Your Heart

 


Drama ini tayang pada tanggal 9 Juni 2019. Episode: 35. Rating IMDb : 7.7/10. Pemeran utama drama ini adalah Wang Yi Bo sebagai Ji Xiang Kong, dan Wang Zi Xuan yang berperan sebagai Qiu Ying. Drama ini bergenre esports dan romance.

 

Drama ini mengisahkan sepasang kekasih yang merupakan seorang pro player dan streamer game. Kisah mereka bermula ketika Qiu Ying ditugaskan sebagai host live streaming di pertandingan game internasional. Untuk menarik perhatian para viewers di medianya, ia memutuskan untuk mewawancarai tim Legend, yang merupakan tim perwakilan China untuk kompetisi internasional tersebut. Ji Xiang Kong merupakan seorang pro player yang berwajah tampan dan memiliki popularitas yang tinggi, serta berposisi sebagai calon ketua tim Legend. Melihat Qiu Ying yang sepertinya ingin menarik popularitas dari timnya, menolak wawancara dengan Qiu Ying, dan berakhir dengan mempermainkannya.

 

Kesalahpahaman diantara mereka semakin besar ketika Ji Xiang Kong terkena skandal oleh karena sebuah video yang diambil saat di kompetisi Internasional Iconquer di Kanada. Ji Xiang Kong pun menyalahkan Qiu Ying atas masalah tersebut karena Qiu Ying lah orang yang tidak sengaja merekam video tersebut.

 

Drama ini juga mengisahkan bagaimana usaha Ji Xiang Kong yang bangkit dari keterpurukannya sebagai pro player hingga akhirnya mencapai kemenangan tertinggi, dan bagaimana Qiu Ying yang merupakan host/streamer game pemula, mengejar cita-citanya menjadi seorang komentator/streamer game profesional.

 


3. The King's Avatar

 



Drama Tiongkok ini tayang pada 24 Juli 2019. Episode : 40. Rating IMDb : 8.2/10. Pemeran utama drama ini adalah Yang Yang yang berperan sebagai Ye Xiu/Ye Qiu/Jun Mo Xiao, dan Maggie Jiang berperan sebagai Chen Guo. Drama ini bergenre esports dan friendship.

 

Jika ingin menonton drama bertema esports tanpa adanya genre romance, maka drama ini cocok banget karena akan berfokus kepada kehidupan para pro player dan juga persahabatan. Drama ini bercerita tentang Ye Xiu yang merupakan top pro player di game online Glory. Akibat terlibat beberapa masalah, ia pun harus keluar dari timnya. Setelah meninggalkan profesinya sebagai pro gaming player, ia memutuskan untuk bekerja di sebuah Cafe Internet/Warnet yang berada tepat di seberang gedung mantan timnya. Meskipun ia awalnya memutuskan untuk tidak terjun kembali ke glory sebagai pro player, namun semenjak bekerja di Cafe Internet, ia menemukan kembali jati dirinya dan semangat untuk mencapai puncak kejayaan Glory. Ia pun memutuskan kembali ke Glory dengan membentuk sebuah tim profesional baru.

 

Dalam membentuk tim barunya, ia dibantu oleh Maggie Jiang yang merupakan pemilik Cafe Internet tempat ia bekerja, sekaligus nantinya akan menjadi manager tim baru tersebut. Drama ini akan memperlihatkan bagaimana perjuangan Ye Xiu dan tim barunya, yang pada awalnya diremehkan dan dikucilkan, hingga akhirnya mereka berhasil menggapai puncak kejayaan Glory.

 

4. Go Go Squid

 



Drama ini tayang pada tanggal 9 Juli 2019. Episode 41. Rating IMDb : 8.0/10. Pemeran utama diperankan oleh Yang Zi sebagai Tong Nian/Her Highness Squid dan Li Xian sebagai Han Shang Yan/Gun God. Drama ini bergenre esports, romance, dan comedy.

 

Drama ini mengisahkan hubungan romantis antara penyanyi cover lagu dan seorang legenda di dunia esports. Tong Nian selain sebagai penyanyi cover lagu, ia juga merupakan seorang jenius di bidang IT yang sedang menempuh studi S2. Suatu hari ketika ia sedang membantu sepupunya menjaga cafe internet, ia bertemu dengan Han Shang Yang yang sedang bermain game online.

 

Tanpa mengetahui identitas asli Han Shang Yan, Tong Nian langsung tertarik dan berusaha untuk berkenalan dengan Han Shang Yan. Dengan melakukan beberapa usaha, dan tentunya dibantu oleh sepupu dan temannya, ia akhirnya dapat berkenalan langsung dengan Han Shang Yan yang ternyata merupakan pemilik sekaligus pelatih sebuah tim game profesional yang cukup populer dan memiliki kemampuan tinggi.

 

Dengan karakter Tong Nian yang ceria dan sangat aktif, perlahan-lahan dapat meluluhkan hati Han Shang Yan begitu dingin. Namun ketika Han Shang Yan mulai menyukai Tong Nian, ia harus menghadapi kenyataan bahwa orangtua Tong Nian tidak menyukai dirinya yang dianggap tidak cocok dengan putri mereka karena memiliki jarak usia yang menurut mereka cukup jauh. Meskipun mendapatkan banyak penolakan, namun Han Shang Yan tetap berusaha dan melakukan usaha terbaik agar ia diterima oleh orangtua Tong Nian, serta memperjuangkan tim game profesionalnya agar dapat menggapai puncak kemenangan.

 

Drama Go go Squid ini juga memiliki Spinoff yang tak kalah menarik yang berjudul Go Go Squid 2 : Dt.Appledog's Time. Drama spinoff ini tayang 4 Februari 2021 dengan 38 episode. Pemeran utamanya adalah Hu Yi Tian yang berperan sebagai Wu Bai/DT, dan Li Yi Tong sebagai Ai Qing/Appledog. Drama ini bergenre esports dan romance.


 

5. Falling Into Your Smile 

 



Drama ini merupakan salah satu Cdrama yang paling populer saat ini. Rating IMDb : 8.5/10. Drama ini masih on-going, sehingga rating ini masih dapat berubah/meningkat. Episode perdana tayang pada tanggal 23 Juni 2021. Episode : 31. Genre : esports dan romance. Pemeran utama diperankan oleh Xu Kai sebagai Lu Si Cheng/ZGDX_Chessman dan Cheng Xiao sebagai Tong Yao/ZGDX_Smilling. Drama ini diadaptasi dari novel yang berjudul You're Beautiful When Smiling.

Di dunia esports, ZGDX merupakan salah satu tim profesional yang terdiri dari para pro player yang memiliki kemampuan tinggi. Tiba-tiba anggota tim mereka mengalami masalah yang membuat tangannya cidera. Masalah ini pun membuat ZGDX harus mencari pemain baru karena anggota tim yang cidera telah mengundurkan diri. Lu Si Cheng yang merupakan ketua tim dan juga salah satu legenda di dunia esport, memiliki sifat yang dingin dan perfeksionis. Ia sangat kritis dalam menilai para calon pemain baru yang akan direkrut di timnya.

Setelah beberapa waktu, manajer dan pelatih tim ZGDX tertarik dengan seorang gamer amatir yang bernama Tong Yao. Menurut mereka skill yang dimiliki Tong Yao lumayan bagus, dan berpotensi untuk memiliki skill yang lebih tinggi lain. Lu Si Cheng yang sangat percaya akan penilaian pelatih dan manajer timnya, setuju untuk merekrut Tong Yao sebagai anggota baru timnya.

Tong Yao awalnya ragu untuk menerima tawaran dari ZGDX untuk menjadi pro games player, terutama karena orangtuanya sangat tidak setuju atas profesi tersebut. Namun setelah menonton pertandingan ZGDX, ambisi Tong Yao untuk menjadi pro player pun timbul. Akhirnya ia memutuskan untuk menerima tawaran tersebut. Sayangnya, jalannya tak seindah yang ia pikirkan. Pada awal penerimaannya, Tong Yao mendapat banyak penilaian negatif dan direndahkan terutama karena ia menjadi satu-satunya pro player wanita pada saat itu. Namun dengan dukungan timnya, ia berhasil membuktikan bahwa seorang wanita juga dapat menjadi pro player yang hebat.

Di sisi lain, Lu Si Cheng, ketua tim ZGDX, yang pada awalnya selalu berselisih dengan Tong Yao, akhirnya jatuh hati kepadanya. Lu Si Cheng disamping seorang top pro player, ia adalah pria tampan, tegas, baik hati, dan kaya raya, namun memiliki kepribadian yang sangat dingin dan kaku. Tapi setelah jatuh cinta dengan Tong Yao, ia berubah menjadi pria yang manis terutama di depan Tong Yao. Lu Si Cheng sendiri sangat optimis terhadap kehidupan percintaannya dan kemampuan timnya yang sedang berjuang untuk menggapai puncak kemenangan.


Dilihat dari sinopsis singkatnya, ke-5 Cdrama diatas sangat menarik untuk ditonton bukan? Untuk saya sendiri pertama kali mengenal dunia esports lewat drama Love O2O, dan sekarang sedang menikmati drama Falling Into Your Smile yang sedang on-going. Untuk yang menilai bahwa drama bertema esports buruk dan membosankan, maka wajib banget mencoba ke-5 drama di atas. Pasti teman-teman akan ketagihan menonton drama dengan tema esports. 


Yang membuat drama-drama ini semakin menarik adalah visual para pemerannya yang sangat tampan dan cantik, serta visual game yang ditampilkan sangat bagus sehingga enak dipandang dan membuat game yang dipertandingkan lebih mudah dimengerti terutama untuk para penonton yang tidak terlalu paham tentang game online.


Sekian rekomendasi Cdrama bertema esports yang sangat menarik untuk ditonton. Semoga rekomendasi ini dapat membantu teman-teman yang sedang mencari drama yang bertema esports ya. See you next article péngyǒu  👋👋


Load comments