Wednesday, July 7, 2021

Review Drama Korea Doom at Your Service (2021)


 

"Manusia memiliki batas waktu dan segala sesuatu pada waktunya akan menghilang~ Myul-Mang"

 

Drama Doom at Your Service akhirnya menanyangkan episode terakhir pada tanggal 29 Juni 2021 dengan rating sebesar 2,34% skala Nationwide, dan 2,63 % skala Seoul (Nielsen Korea). Meskipun memperoleh rating yang agak rendah, namun drama ini sebenarnya memiliki potensi yang besar mengingat ide cerita drama yang begitu unik dan baru.


Sinopsis


Tak Dong-Kyung (Park Bo Young) merupakan seorang editor di sebuah perusahaan web novel. Ia merupakan wanita mandiri dan kuat terutama sejak ia kehilangan kedua orangtuanya ketika masih remaja.

Suatu hari ia divonis penyakit Glioblastoma dan hanya memiliki sisa hidup sekitar 3 bulan atau sekitar 100 hari oleh dokter. Di tengah penderitaannya, tiba-tiba ia didatangi oleh Myul-Mang/Kehancuran (Seo In Guk) yang merupakan makhluk supranatural. Myul-Mang pun membuat perjanjian 100 hari dengan Tak Dong-Kyung dengan harapan Tak Dong-Kyung akan meminta dirinya (Myul-Mang) untuk menghancurkan dunia, sedangkan Myul-Mang akan membantu Dong-Kyung agar tidak merasakan sakit hingga hari kematiannya.

Dong-Kyung yang pada awalnya tidak setuju dengan isi perjanjian 100 hari tersebut, akhirnya menyetujuinya setelah ia ditolong Myul-Mang dari sebuah kecelakaan yang hampir saja merebut nyawanya.

Benci menjadi cinta. Itulah yang terjadi antara manusia dan makhluk supranatural ini. Dengan takdir yang bertentangan, mereka pun berusaha menerima takdir yang selalu berusaha memisahkan mereka berdua.


Sinopsis Drama Korea Doom at Your Service Episode 1-6

6 Fakta Unik dan Menarik Drama Korea Doom at Your Service (2021)



Review

Drama yang memiliki potensi yang besar namun sayang eksekusinya kurang memuaskan.


Itulah pendapat saya setelah menonton hingga akhir episode. Dari segi ide cerita dan skrip drama ini sudah sangat baik.


Photo by @tvndrama.official via instagram.com


YANG PALING DISUKA


    • Akting

Tak akan ada yang dapat menyangkal bagaimana bagusnya kualitas akting para pemeran drama Doom at Your Service terutama kedua pemeran utamanya, Seo In-Guk dan Park Bo Young. Akting para main cast drama ini benar-benar perfect. Hal ini merupakan alasan saya bisa menikmati drama ini hingga episode akhir. Berkat akting dan chemistry Seo In-Guk dan Park Bo Young yang begitu bagus, membuat penonton dapat turut merasakan bagaimana perasaan karakter mereka ketika menonton drama ini. Love story antara Myul-Mang/Seo In-Guk dan Dong-Kyung/Park Bo Young  digambarkan dengan begitu dalam dan indah. Bagi saya love story mainlead couple benar-benar sebuah Masterpiece.


    • Sinematografi dan OST

Sinematografi yang indah dan CGI yang mulus merupakan nilai plus dari drama ini. Nilai plus ini semakin tinggi berkat OSTnya yang gak kalah bagus. Dengan OST yang ear-catching dan dinyanyikan oleh penyanyi terbaik Korea tentu menambah nilai rasa ketika menonton drama yang satu ini.


Hal lain yang menarik dari drama ini adalah kisah secondlead couple yang tak kalah menarik dengan pemeran utamanya. Dengan mengambil tema cinta segitiga tentu  memiliki daya tarik tersendiri terutama bagi para pecinta drama genre romance. Bicara tentang Visual? Jangan diragukan. Mulai dari main cast hingga supporting cast, seluruhnya memiliki visual yang memanjakan mata.


Setiap karakter dalam drama ini pun sangat menarik dan memiliki daya tariknya masing-masing. Naskah yang digunakan juga lumayan bagus. Hanya saja, jika kamu sedang merasa sangat bosan dan lelah, lebih baik tunda dahulu untuk menonton drama ini. Why? Karena drama ini banyak menggunakan repitisi alur sehingga kadang membuat penonton merasa bingung ataupun merasa bosan. 


Naskah seluruh karakter dalam ini sebenarnya sudah lumayan bagus tapi kurang dari segi alur ceritanya sehingga menyisakan beberapa plot hole. Kurangnya penjelasan dari eksistensi Sonyeoshin (Dewa), hingga masa lalu dari Myul Mang membuat penonton sedikit kebingungan. Koneksi kekuatan kedewaan Myul-Mang dengan perjanjian 100 hari juga dijelaskan dengan cukup dangkal. Hal ini dapat dilihat dari hubungan antara Myul-Mang dan Dong-Kyung, karena sedari awal hidup mereka berdua memang sudah ditakdirkan dan direncanakan oleh dewa, sehingga terkesan tidak berhubungan dengan eksistensi dan kekuatan yang dimiliki Myul-Mang.


Kisah secondlead couple pun terlalu dangkal dan tidak berhubungan dengan konflik utama dari drama ini. Awalnya saya mengira Lee Soo-Hyuk yang berperan sebagai Cha Joo-Ik akan mendapat peran yang lebih penting dan memiliki hubungan dengan keberadaan/eksistensi dewa di dunia mereka. Sayangnya ia hanya manusia biasa yang kisah hidup dan percintaannya tak memiliki hubungan sama sekali dengan permasalahan mainlead couplenya.


Jika ditanya scene apa yang sedikit menganggu, maka saya akan menjawab scene setiap munculnya Daniel yang berperan sebagai Uncle Kevin (Paman Tak Dong-Kyung dan Tak Sun-Kyung). Karakternya tak bisa berbahasa korea dan hanya sedikit memahami bahasa Korea, namun tidak ada satu pun scene yang menunjukkan istri, keponakan, ataupun Myul-Mang berbicara dengan bahasa inggris dengannya. Jika istrinya pun tak bisa bahasa inggris dan ia tak bisa bahasa korea, jadi mereka dalam kesehariannya pakai bahasa apa? Myul-Mang juga diceritakan sebagai dokter yang bekerja di Amerika, namun tetap saja ketika berbicara dengan Uncle Kevin menggunakan bahasa Korea dan kurang nyambung. Terkadang scene mereka menjadi seperti scene komedi karena mereka saling tidak mengerti apa yang sedang mereka bicarakan. Ini hal kecil sih sebenarnya, tapi bagi saya hal ini sedikit menganggu.


Photo by @tvndrama.official via instagram.com


ENDING

Ending yang membahagiakan untuk semua karakternya. Ending yang sesuai dan menyenangkan. 


Terlepas adanya beberapa kekurangan dari segi alur cerita, tapi drama ini tetap bagus karena memiliki ide cerita yang unik, dan memiliki meaningful story karena banyak mengandung pesan moral. Untuk para pecinta drama fantasy, saya tetap akan merekomendasikan drama yang satu ini karena drama ini lumayan menghibur dan bagus. Dan teman-teman siap-siap TerMyulMangMyulMang, mengingat begitu tampan dan mempesonanya Myul-Mang/Seo In-Guk dalam drama ini 😍 


Karena saya termasuk pecinta drama/film genre fantasy, maka bagi saya drama Doom at Your Service tetap menjadi salah satu drama yang tak terlupakan untuk tahun 2021 ini. Kebiasaan menunggu episode on-going setiap minggunya membuat saya merindukan drama ini bahkan setelah drama ini telah berakhir. Semoga Oppa Seo In-Guk segera kembali dengan projek drama bagus lainnya 💕


Yang belum menonton drama ini, bisa streaming melalui platform VIU ya. See you next review Chingudeul ~ 👋👋

Load comments