Sunday, August 1, 2021

Kesan Pertama Drama Korea The Great Shaman Ga Doo-Shim (2021)



Akhirnya setelah sekian purnama dedek Nam Da-Reum akhirnya menjadi pemeran utama di drama Korea. Untuk para pecinta drama Korea, wajah tampan Nam Da-Reum tentu saja tak asing lagi. Nam Da-Reum merupakan aktor cilik yang telah beranjak dewasa. Ia selalu memerankan tokoh muda para pemeran utama pria di banyak drama Korea terkenal seperti di drama Boys Over Flowers, Pinocchio, While You Were Sleeping, Radio Romance, Come and Hug Me, dan banyak drama lainnya. Sebenarnya ia sudah pernah menjadi bagian dari pemeran utama di drama Korea Beautiful World, tetapi karena scenenya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pemeran utama lainnya, menurut saya belum terasa seperti layaknya pemeran utama.


Drama perdana Nam Da-Reum sebagai pemeran utama inilah yang akan kita bahas dalam review kali ini. Drama Korea ini berjudul The Great Shaman Ga Doo-Shim. Drama ini rilis pada tanggal 30 Juli 2021 dan telah menayangkan 2 episode dari 12 total episode.


Profil Drama:

  • Judul : The Great Shaman Ga Doo-Shim
  • Episode : 12
  • Sutradara : Park Ho-Jin
  • Penulis Joo Brothers
  • Network : KakaoTV, Viki, iQIYI
  • Tanggal rilis : 30 Juli 2021
  • Genre : School, Horor, Fantasy, Romance
  • Pemeran Utama :
    • Kim Sae-Ron : Ga Doo-Shim
    • Nam Da-Reum : Na Woo-Soo



Sinopsis

Ga Doo-Shim (Kim Sae-Ron) merupakan seorang anak perempuan yang memiliki nenek dan ibu yang berprofesi sebagai dukun. Ia sendiri juga ditakdirkan untuk menjadi seorang dukun. Ia tidak menyukai takdirnya dan berusaha untuk hidup normal layaknya anak remaja pada umumnya. Namun meskipun begitu, ia tidak bisa melupakan takdirnya, terutama karena ia diteror oleh suatu roh/hantu yang suka menyakiti anak sekolahan yang bernilai jelek. Roh ini juga yang mengakibatkan kematian neneknya. Sesaat sebelum meninggal, neneknya mengingatkannya untuk selalu menjaga diri hingga ia melewati usia 18 tahun.

Disisi lain, Ga Doo-Shim bertemu dengan Na Woo-Soo (Nam Da-Reum) di sekolah barunya. Na Woo-Soo merupakan anak yang tampan, pintar, dan lahir dari keluarga yang kaya raya. Hidup Na Woo-Soo sangat normal seperti anak sekolah pada umumnya, hingga segalanya berubah setelah bertemu Ga Doo-Shim. Ia menjadi punya kemampuan melihat hantu seperti Ga Doo-Shim. Meskipun pada awalnya ia kesal dan marah dengan apa yang terjadi, namun akhirnya ia dapat menerimanya. Ia dan Ga Doo-Shim pun nantinya akan bersama-sama melawan hantu-hantu jahat yang berusaha mengganggu mereka dan semua orang yang ada di lingkungan keluarga dan sekolah mereka.


Source pic: Asianwiki/The Great Shaman Ga Doo-Shim


Kesan Pertama 

Kesan saya ketika menonton episode pertama drama The Great Shaman Ga Doo-Shim :

"Wah, kok cepat banget selesainya?"

Dan setelah melihat kembali durasi videonya, ternyata durasinya hanya 19 menitan. Pantas saja 1 episode terasa sangat intens. Menonton 2 episode dari drama ini tentu akan terasa sangat cepat. Sepertinya para penggemar drama on-going akan kembali tersiksa (karena penasaran) ketika menonton drama yang satu ini. Untuk drama Korea yang hanya berjumlah 12 episode dan memiliki durasi 19-20 menit, saya rasa lebih cocok jika dikatakan sebagai webdrama.

Sejauh 2 episode ini, menurut saya drama ini seru dan bagus. Dan semoga kualitasnya tetap bertahan bahkan meningkat hingga episode akhirnya (episode 12).

Untuk genre drama, school, fantasy, horor, tentu saja sudah lumayan umum di drama Korea. Jadi saya menebak drama ini akan menjadi drama yang ringan dan menghibur. Semoga saja ada unsur comedy di episode-episode selanjutnya agar drama ini semakin menarik dan menghibur. Untuk Vibesnya, saya merasakan perasaan yang mirip dengan menonton drama Korea Let's Fight Ghost. Hal tersebut karena kedua drama ini sama-sama mengambil tema anak sekolahan dan horor. Untuk para hantu/roh/arwahnya pun tidak terlalu seram jika dibandingkan drama Thailand. Masih lumayan amanlah jika ditonton oleh penakut (seperti saya hehe).

Untuk akting tentu tidak perlu diragukan lagi. Nam Da-Reum merupakan aktor sedari kecil dan memiliki pengalaman akting yang lumayan banyak di dalam drama maupun film. Well, walaupun sebenarnya terlalu cepat menilai aktingnya di dalam drama ini, namun dari 2 episode awal yang telah tayang, saya rasa ia memiliki akting yang sangat baik sebagai anak sekolahan. Tidak seperti projek drama sebelumnya yang selalu terlihat sedih atau serius, Nam Da-Reum dalam drama ini sepertinya akan lebih banyak menunjukkan ekspresi dan emosi lainnya.

Lawan main Nam Da-Reum sebagai pemeran utama dalam drama ini adalah Kim Sae-Ron. Para pecinta drama Korea juga tidak akan asing dengannya karena ia juga sama-sama aktris cilik sama seperti Na Da-Reum. Ia memiliki akting yang lumayan bagus dan juga sudah memiliki pengalaman akting yang lumayan banyak. Untuk chemistry bersama dengan Nam Da-Reum sudah lumayan bagus. Mengingat usia mereka yang masih muda dan memiliki jarak usia yang dekat, tak heran jika keduanya bisa cepat akrab dan mudah membangun chemistry sebagai main lead. Peran sebagai anak sekolahan pun terlihat sangat cocok kepada mereka berdua.

Jika boleh menebak, saya rasa drama ini hanya akan mengambil setting masa sekolah di SMA hingga menuju akhir episode karena dari awal diberi narasi Ga Doo-Shim yang akan berjuang untuk melewati usia 18 tahunnya dengan aman. Mungkin episode terakhirnya akan menunjukkan Ga Doo-Shim dapat mengalahkan hantu/roh yang telah menjadi musuh bebuyutan nenek dan dirinya itu. Ia akhirnya bisa melewati usia 18 tahunnya dengan aman dan dapat lulus dari sekolahnya dengan baik. Ini tebakan saja sih hehe.

Ada yang mengatakan jika drama ini akan ada season 2 nya. Namun untuk sekarang yang masih menayangkan 2 episode, sepertinya terlalu cepat jika mengatakan menantikan season 2 nya. Takut di PHP-in juga (berdasarkan pengalaman penantian dengan drama-drama Korea lainnya). Yang terpenting, semoga drama ini tetap seru hingga episode terakhir dan tidak gantung. Sehingga ada tidaknya season 2, sudah cukup memuaskan penonton.

Sekian kesan pertama saya untuk drama yang satu ini. Untuk yang tertarik dapat menonton drama ini via Kakao TV, iQIYI, dan Viki. See you next review Chingu-deul 👋


Load comments