Sunday, August 22, 2021

Review dan Sinopsis Drama Korea The Devil Judge (2021)



Habis 'Law School', terbitlah 'The Devil Judge'. Drama yang diproduksi oleh tvN tentu tak perlu diragukan lagi kualitasnya. The next level drama hukum ini ditulis oleh penulis yang sama dengan drama hukum 'Ms.Hammurabi', dimana kedua drama ini sama-sama berlatar belakang lembaga kehakiman. Drama ini juga drama comeback aktor Ji Sung setelah drama 'Doctor John' dua tahun yang lalu.


Profil :

  • Judul : The Devil Judge
  • Sutradara : Choi Jung-Kyu
  • Penulis : Moon Yoo-Seok
  • Network : tvN
  • Episode : 16
  • Tanggal rilis : 3 Juli 2021
  • Runtime : Sabtu dan Minggu
  • Negara : Korea Selatan
  • Genre : Crime, Law, Thriller
  • Rating : 8.5/10 (IMDb)
  • Pemeran utama : 
    • Ji Sung : Kang Yo-Han
    • Kim Min-Jung : Jung Sun-A
    • Jin Young : Kim Ga-On
    • Park Gyu-Young : Yoon Soo-Hyun


Photo by tvndrama.official via instagram


Sinopsis

Drama hukum ini mengambil latar negara Korea Selatan sebagai dunia distopia, dimana dunia tersebut menakutkan, penuh kekacauan di segala bidang, serta penuh dengan tekanan dan teror. Berhubung negara Korea Selatan berlatar dunia khayalan distopia, maka segala hal buruk dapat terjadi di negara tersebut.

Kang Yo-Han merupakan seorang hakim yang terkenal akan ketegasan dan jiwa keadilannya. Ia tak akan ragu-ragu menghukum para penjahat dengan hukuman yang sangat kejam. Dalam proses pemberian hukuman melalui pengadilan siaran langsung, ia selalu mengikutsertakan masyarakat dalam pengambilan keputusan hukuman dengan menggunakan sistem voting online melalui aplikasi yang telah disediakan pemerintah. Baginya semua masyarakat setara dan memiliki hak demokrasi yang sama. 

Kim Ga-On merupakan seorang hakim junior. Ia juga merupakan hakim pendamping di pengadilan siaran langsung Kang Yo-Han. Kim Ga-On memiliki jiwa yang jujur dan selalu taat terhadap hukum. Ia memiliki seorang sahabat yang juga merupakan wanita yang ia cintai, yang bernama Yoon Soo-Hyun. Yoon Soo-Hyun merupakan seorang detektif. Ia merupakan seorang wanita tangguh, taat akan hukum, dan tidak mentolerir pelanggaran hukum sekecil apapun. Kim Ga-On dan Yoon Soo-Hyun saling menyukai satu sama lain, namun mereka menutup hubungan mereka dengan berkedok sebagai sahabat.

Jung Sun-A merupakan seorang direktur eksekutif di yayasan sosial. Ia memiliki pengaruh yang besar dan koneksi yang luas di semua bidang pemerintahan. Ia juga memiliki peran yang besar dalam terlaksananya politik gelap yang sedang berlangsung di pemerintahan. Disisi lain, Jung Sun-A memiliki love-hate relationship dengan hakim Kang Yo-Han.


Review

Pertama kali menonton drama yang satu ini, saya merasakan feel yang sama ketika menonton drama Vincenzo. Bisa dilihat dari gaya penokohan karakter utamanya dan adanya beberapa kemiripan di alur cerita. Karakter Kang Yo-Han yang sebagai karakter utama dalam drama The Devil Judge ini memiliki images yang strong, cool, cerdas, dan memiliki hati yang penyayang terutama untuk orang-orang disekitarnya. 

Photo by tvndrama.official via instagram

Sebagai karakter protagonis, Kang Yo-Han memiliki banyak lawan yang siap menjatuhkannya setiap saat. Memiliki kemiripan dengan drama Vincenzo, penulis memberikan alur yang menarik, yaitu dengan tidak membiarkan karakter utama ini jatuh ke dalam perangkap hingga menuju episode terakhir. Di 2 episode terakhirlah karakter ini baru dijatuhkan agar mencapai puncak konflik, sehingga menghasilkan ending yang mengesankan. 

Jika penonton merasa isu dan konflik dalam drama ini banyak yang tidak cocok/sesuai dengan keadaan sekarang, tentu itu hal yang lumrah. Dari awal sudah dikatakan bahwa setting drama ini adalah dunia khayalan distopia. Oleh karena itu, segala kekacauan yang paling mengerikan sekalipun bisa dianggap wajar di drama ini.

Dalam drama ini, konflik yang dibangun dari awal episode sebenarnya sudah kompleks, dan teratur. Dengan menggunakan alur maju mundur, cukup membuat penonton dengan mudah memahami dan mengikuti alurnya. Plotnya pun dapat membuat penonton merasa penasaran sekaligus emosi di setiap episodenya. 

Semuanya sangat bagus hingga akhirnya episode terakhir (16), menurut saya sedikit merusak dan terkesan terburu-buru.
 
Dengan segala usaha yang lumayan rumit dari episode 1, penyelesaian di episode 16 terkesan terlalu intens.



Hal yang Disukai

Secara teknis, drama ini sangat bagus menurut saya. Tidak ada plot twist yang ekstrim, tetapi alur drama ini cukup membuat para penontonya merasa penasaran. Temanya pun cukup fresh. Dengan genre hukum yang sudah lumayan umum, namun drama ini juga menggunakan setting dunia distopia sebagai daya tarik. Dapat dilihat bahwa gaya pengadilan yang dipertunjukkan dalam drama ini sangat unik. Dimana lagi kita dapat melihat pengadilan yang dilakukan secara live streaming jika bukan lewat drama yang satu ini. 

Photo by tvndrama.official via instagram

Akting para pemeran utama dan sebagian besar para pemeran pendukung juga sangat bagus. Mengingat kebanyakan dari pemeran drama ini sudah well known, tentu poin ini bukanlah hal yang mengejutkan. 

Dari keseluruhan akting para pemeran, saya hanya mengomentari karakter Presiden Heo Joong-Se. Sebenarnya akting sebagai villain yang diperankan oleh aktor Bae Hyun-Jin ini sudah bagus, hanya saja menurut saya terlalu ekspresif sebagai karakter presiden yang seharusnya berwibawa.

Sedangkan untuk karakter favorit saya selain karakter Kang Yo-Han adalah Jung Sun-A. Meskipun ia merupakan karakter antagonis, namun di akhir episode ia menghasilkan kesan positif yang mampu membuat banyak penonton merasa terharu, dan menjadi tidak membencinya.


Photos by tvndrama.official via instagram


Hal lainnya yang saya sukai adalah sinematografinya yang terlihat bagus dan sangat nyata, serta Background music/ OST yang 'ear-catching' dan sangat sesuai untuk setiap scenenya.



Hal yang Kurang Disukai

Karakter Kim Ga-On adalah salah satu yang kurang saya sukai. Sebenarnya saya tahu perubahan karakternya saat menjelang episode terakhir merupakan salah satu upaya penulis agar dapat menambah unsur emosional yang dapat dirasakan penonton. Hanya saja, sebagai salah satu karakter utama yang juga dijelaskan sebagai orang yang cerdas, kejatuhannya di episode terakhir terkesan terlalu bodoh, ceroboh, dan plin plan. Syukurnya di menit-menit terakhir ia kembali menjadi karater yang cerdas.

Photo by tvndrama.official via instagram

Karakter lain yang kurang saya suka adalah Min Jung-Ho, dan Park Gyu-Young. Untuk karakter Min Jung-Ho, saya benar-benar merasa aneh dan kesal ketika ia selalu bertindak bodoh dan tanpa alasan yang jelas ketika mengganggu Kang Yo-Han. Hingga akhirnya di episode 16 saya paham alasan mengapa karakternya sangat mengesalkan. Teman-teman harus menontonnya agar paham apa yang saya maksud.

Untuk karakter Park Gyu-Young juga sudah sangat keren. Ia polisi yang cerdas, taat akan hukum, pemberani, dan selalu di jalan yang benar. Sebagai wanita, ia pun sangat penyayang dan setia. Namun, dengan karakternya yang begitu cerdas, dan pemberani, hingga episode terakhir ia tidak menghasilkan apapun yang berhubungan dengan konflik utama drama ini. Karakternya hanya terkesan sebagai faktor penambah unsur emosional dan romance, khususnya kepada karakter pasangannya, Kim Ga-On. Ia bahkan ditumbalkan penulis sebelum ia mendapatkan/ melakukan sesuatu.

Photo by tvndrama.official via instagram



Kesan dan pesan moral yang dapat diambil :

"Jika pada dasarnya manusia yang serakah, maka tidak akan pernah merasa puas dengan keadaannya. Setelah mendapatkan uang, ia akan haus kekuasaan dan kehormatan."

 

"Mendapatkan orang yang dipercaya sangatlah sulit. Akan lebih mudah menjadi orang yang dapat dipercaya, dibandingkan mencari orang yang dapat dipercaya."

 

"Jika sudah memiliki orang yang dapat dipercaya atau sudah menjadi orang yang dipercaya, maka tetap jaga kepercayaan dan hubungan tersebut."

"Tindakan yang lahir dari emosi marah tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik."

Terlepas dari ada beberapa kekurangan, dengan tema yang begitu unik dan fresh, drama ini tetap drama yang sangat menarik untuk ditonton. Sebenarnya masih banyak kelebihan dan kekurangan lain dari drama ini, tetapi akan lebih baik jika teman-teman dapat menemukannya sendiri. Teman-teman dapat menontonnya melalui iQIYI. 

Tetap nantikan review terbaru dari Sahabat Kamomil ya Chingu-deul 👋👋





-Spoiler Tambahan- 

(Jangan Scroll jika tidak suka dengan spoiler. Ini hanya kesan tambahan saya terhadap drama ini).

Diatas saya sudah mengatakan bahwa episode 16 sedikit merusak plot dan terkesan terburu-buru. Tapi kenapa saya bisa saya katakan begitu? Bisa dilihat dari kemunculan tiba-tiba dari Dream Home Medical Center di akhir episode. 

Dari episode 16, kita menjadi tahu bahwa tim Kang Yo-Han sudah tahu bahwa tempat ini merupakan kelemahan terbesar pihak presiden dkk, tetapi mengapa dari awal episode mereka bahkan tidak melakukan usaha apa pun untuk menggali tempat ini. Meskipun tempat ini dikatakan sangat ketat penjagaannya, karakter Kim Ga-On di akhir episode terlihat sangat mudah masuk ke tempat ini, dan bahkan dapat merekam dengan kamera cukup besar tanpa menarik sedikit pun perhatian para pengawas.

Karakter Jung Sun-A yang begitu cerdas, dan menguasai hampir segala bidang pemerintahan, anehnya baru mengetahui masalah Dream Home Medical di episode akhir. Ini sebenarnya agak kurang masuk akal mengingat kegiatan penolongan dan penggusuran untuk masyarakat miskin dari awal merupakan bagian dari progam yayasan sosial, disaat Jung Sun-A merupakan direktur utama yayasan ini.

Dan terakhir, Rumah Kang Yo-Han yang dikatakan sangat ketat penjagaan terlihat sangat mudah diterobos dan dimasuki oleh orang lain di episode terakhir. Satu CCTV pun tak ditunjukkan di rumah yang dikatakan sangat ketat pengamanan ini. Dengan karakter yang begitu strong, memiliki kekayaan yang sangat banyak, serta tinggal di rumah yang begitu mewah dan ketat penjagaan, seorang Kang Yo-Han dapat dengan mudahnya ditangkap dan dilumpuhkan di rumahnya sendiri. Hmmm 😏

Oke sekian kesan tambahan saya. Kesan saya ini bukan mengarah ke akting, namun ke alur dan naskah dramanya. Sebenarnya hal diatas bukan poin yang terlalu besar tapi agak sedikit mengganggu hehe. Teman-teman dapat menonton drama ini untuk menentukan penilaian yang berbeda. Semua hanya tergantung sudut pandang masing-masing. ✌✌✌




Load comments