Monday, August 2, 2021

Review Film Korea Pipeline (2021)





Bagi yang masih ter-ingukinguk berkat drama Doom at Your Service, menonton film Pipeline merupakan salah satu opsi terbaik. Lewat film ini penonton setia Doom at Your Service akan dapat melihat kembali kolaborasi akting antara Seo In-Guk dan Lee Soo-Hyuk. Meskipun sudah 2 bulan berlalu dari rilisnya film ini, tapi sangat sayang sekali jika saya melewatkan review film yang satu ini. Film yang mempunyai potensi yang besar namun kurang dalam eksekusinya. "Begitulah kata orang-orang". Benarkah begitu? Yuk kita bahas!

Profile :

  • Judul : Pipeline
  • Penulis dan Sutradara : Yu Ha
  • Tanggal rilis : 26 Mei 2021
  • Durasi : 108 menit
  • Negara/Bahasa : Korea Selatan
  • Distributor : Megabox Plus M, Little Big Pictures
  • Network : iQIYI

Sinopsis 

Film ini mengisahkan tentang seorang teknisi pengeboran yang memiliki nama sebutan Drill-bit atau Pin Dol-yi (Seo In-Guk). Ia sangat terkenal dengan kemampuannya yang hebat dalam melakukan pengeboran dalam dunia pencurian minyak ilegal. Ia juga memiliki kehidupan yang mewah berkat pekerjaan ilegal tersebut.

Suatu hari Pin Dol-yi ditawari sebuah proyek yang sangat besar yang bernilai ratusan Milyar. Proyek ini dimiliki oleh Geon-Woo (Lee Soo-Hyuk). Ia merupakan seorang pengusaha kaya dan juga pemilik perusahaan kilang minyak/penyulingan minyak. Geon-Woo membuat rencana untuk mencuri minyak dari pipeline antara Honam dan Busan dengan resiko yang sangat tinggi. Meskipun resiko sangat tinggi, tetapi ia sangat percaya diri atas rencananya karena baginya semakin tinggi resikonya, tentu keuntungannya juga semakin tinggi. 

Untuk menjalankan ide gilanya, Geon-Woo pun merekrut tim yang terdiri dari 5 orang teknisi yang dianggap mampu untuk menyelesaikan misi ini dalam waktu 1 bulan. Tim ini terdiri dari Drill-bit sebagai kapten dan yang bertugas bagian pengeboran pipeline, Jeob-sae juga sebagai teknisi bor, Kepala Na yang bertugas bagian pengenalan lingkungan dan keadaan lahan (geography mapper), Geun-sab sebagai tukang gali, dan Bae Da-Bin sebagai penjaga monitor/counter. Dengan diimingi imbalan yang sangat besar, seluruh anggota tim ini pun berusaha sebaik mungkin agar proyek tersebut dapat selesai tepat waktu sesuai dengan perjanjian yang telah mereka sepakati.


Source pic: wikipedia/Pipeline (film)


Review

Jika film yang bertema heist sudah umum di Amerika atau Eropa, namun tema ini masih tergolong lumayan fresh dan baru dalam dunia film Korea. Film dengan tema pencurian minyak tentu akan menarik perhatian banyak penonton, terutama film ini juga ditulis dan disutradarai oleh salah satu penulis dan sutradara film kondang Korea Selatan yaitu Yu Ha.

Di Korea Selatan sendiri, film ini memiliki popularitas yang lumayan tinggi ketika penayangannya berkat popularitas para pemainnya. Untuk para penonton setia drama dan film Korea tentu tak akan asing dengan para pemeran di film ini karena hampir seluruh pemerannya sudah termasuk aktor senior. Dengan popularitasnya, film ini pun sempat menduduki posisi no 3 di Box Office Korea Selatan pada saat film ini rilis. Namun dengan popularitas yang lumayan tinggi tersebut, rating film Pipeline di IMBb tidak terlalu tinggi, yaitu 6.5/10.

Saya pribadi tertarik menonton film ini karena salah satu pemeran utamanya adalah aktor Seo In-Guk, dan tema heist yang saya perkirakan akan sangat keren. Untuk kualitas akting tentunya tidak akan diragukan penonton mengingat seluruh cast film ini memiliki skill akting yang bagus.

Secara keseluruhan sih menurut saya film ini bagus, tapi mungkin seharusnya bisa lebih bagus lagi. Sebenarnya saya tidak banyak berharap dengan film Korea dengan genre action atau aksi kriminal. Jujur menurut saya dalam genre action, drama Korea masih jauh lebih bagus eksekusinya dibandingkan dengan film Korea. Saya rasa hanya beberapa film Korea dengan genre action yang tidak tanggung scene actionnya, serta benar-benar bagus secara keseluruhan, mulai dari alur ceritanya, CGI/sinematografinya, settingannya, dan lainnya.

Untuk film Pipeline sendiri yang saya suka adalah adegan action yang lumayan seru (meskipun tidak terlalu menantang), serta alur yang jelas dan begitu intens sehingga penonton tidak akan merasa bosan ketika menontonnya.

Namun ada sangat jelas terlihat kekurangannya di bagian alur cerita/plotnya. Ke-6 karakter utama dalam drama ini seharusnya bisa mendapatkan plot yang lebih banyak dan jelas karena karakter mereka masing-masing memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Goon-woo yang sebagai villain, tidak terlihat terlalu jahat namun terlihat sangat ceroboh. Kemampuan Drill-bit yang hebat hanya ditunjukkan dalam 1 scene, dan ke-4 karakter lainnya yang berada 1 tim dengan Drill-bit terkesan lemah dan bodoh, padahal mereka dipercayakan untuk suatu proyek yang sangat besar. Dengan tenaga yang begitu sedikit, lemah, sering melakukan kesalahan, sebenarnya agak sedikit tidak masuk akal jika mereka dapat menggali terowongan bawah tanah untuk mencapai pipeline dalam waktu sebulan.

Kisah anak Jeob-sae dan keluarga Kapten Na juga seharusnya bisa diperkuat dan diperjelas untuk menambah efek emosional dari film ini. Kisah mereka ber-5 sebagai 1 tim pun masih terlalu dangkal untuk menjadikan mereka sebagai tim yang solid dan setia. Karakter Drill-bit yang cerdik dan pintar pun tidak terlalu terlihat keren, karena meskipun ia pada akhirnya dapat mengelabui Geon-Woo, namun rencananya tidak mencakup keseluruhan dan ia tidak dapat menebak rencana dari Geon-Woo itu sendiri. 

Saya juga sempat berpikir bahwa film ini akan mengandung unsur komedi karena ada Eum Moo-Suk, Tae Hang-Ho, dan Bae Yoo-Ram yang identik dengan karakter yang humoris (berdasarkan proyek drama/film mereka sebelumnya). Namun sayangnya saya tidak melihat unsur tersebut di film ini.

Well, meskipun ada kekurangan, tapi film ini masih lumayan dapat dinikmati dan menghibur. Tidak dapat dikatakan film yang sangat bagus, namun film ini juga tidak jelek. Film ini lumayan ringan sehingga tidak perlu merasa penat atau berpikir ketika menontonnya. Visual Seo In-Guk dan Lee Soo-Hyuk yang begitu tampan akan menjadi daya tarik tambahan dari film Pipeline ini tentunya.

Semoga review ini bermanfaat ya. See you di review lainnya ya !

Load comments