Wednesday, September 1, 2021

Sinopsis dan Review Drama Korea Netflix D.P. (Deserter Pursuit)



Bagi penggemar Netflix, drama original Netflix "D.P." adalah salah satu drama yang sayang banget jika dilewatkan. Drama yang mengusung tema militer ini bahkan mendapatkan rating yang cukup tinggi di IMDb, yakni 8.8/10. Drama yang rilis tanggal 27 Agustus 2021 ini merupakan hasil adaptasi dari webcomic yang berjudul "D.P. : Gaeui Nal / Dog's Day".


Profil :

  • Judul : D.P
  • Sutradara : Han Jun-Hee
  • Penulis : Kim Bo-Tong, dan Han Jun-Hee
  • Network : Netflix
  • Episode : 6
  • Tanggal Rilis : 27 Agustus 2021
  • Negara : Korea Selatan
  • Rating : 8.8/10 (IMDb)
  • Pemeran Utama :
      • Jung Hae-In : An Jun-Ho
      • Koo Gyo-Hwan : Han Ho-Yeol
      • Kim Sung-Kyun : Park Beom-Gu
      • Son Seok-Koo : Lim Ji-Seob

Photo by: mydramalist.com/59001-d-p-dog-day



Sinopsis

  • Episode 1 : A Man Holding Flowers
An Jun-Ho merupakan seorang pria yang pendiam dan tenang. Ia dibesarkan oleh keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah. Ia memiliki banyak pekerjaan sampingan agar dapat membiayai kebutuhan keluarganya.

 

Suatu hari ia harus stop dari segala pekerjaannya karena harus menjalani wajib militer. Dalam menjalani tugas kemiliteran, ia ditugaskan sebagai polisi militer. Tak berapa lama dari penempatannya, ia ditempatkan oleh Sersan Park Beom-Gu ke unit D.P. berkat intuisi dan kemampuan observasinya yang bagus. Mengharapkan hasil yang baik, tugas pertamanya sebagai D.P. bahkan sangat berantakan dan hancur. Tamtama An Jun-Ho yang baru pertama kali menjalankan tugas sebagai D.P. pun diam-diam mendapatkan trauma di dalam pikirannya.

 

  • Episode 2 : Daydream

Setelah kegagalan misi pertama, ternyata Tamtama An Jun-Ho masih mendapatkan kesempatan kedua dari atasannya. sebagai bentuk penyesalannya, ia pun berjanji untuk melakukan tugasnya dengan baik. Karena kegagalan misi pertama, tamtama An Jun-Ho dipasangkan dengan partner yang baru, yaitu Kopral Han Ho-Yeol yang merupakan ketua D.P. di unit polisi militer tersebut. Sebagai pasangan D.P. yang baru, target pertama mereka adalah menangkap seorang desentir yang diduga melarikan diri akibat merasa tersiksa dibuli rekan seunitnya. Desentir ini pun diketahui akan melakukan upaya bunuh diri di sebuah stasiun kereta api. Akankah D.P. berhasil menangkap dan mencegahnya bunuh diri?

 

  • Episode 3: That Woman

Meskipun An Jun-Ho terlihat tenang dan tangguh, namun sebenarnya ia memiliki luka trauma yang disebabkan perlakukan KDRT ayahnya kepada ibunya. Dengan masa lalunya yang cukup kelam, ia memiliki hubungan yang sangat buruk dengan ayahnya.

 

Setelah misi keduanya sebagai D.P., Tamtama An Jun-Ho dan Kopral Han Ho-Yeol kembali mendapat tugas untuk membantu unit D.P. pusat untuk mencari seorang desentir yang lumayan tangguh. Misi ini cukup berbahaya dan membutuhkan intuisi yang kuat. 

 

  • Episode 4 : The Monty Hall Problem

Desentir yang akan dicari oleh D.P. untuk misi baru ini bukan hanya membutuhkan intuisi dan kekuatan fisik, tetapi yang paling utama adalah kecerdasan. Hal ini karena desentir yang akan mereka tangkap merupakan seorang jenius yang selalu melakukan segala tindakannya berdasarkan teka-teki dan probabilitasnya. D.P. yang pada mulanya merasa kebingungan, perlahan-lahan memperoleh beberapa petunjuk mengenai keberadaan desentir yang misterius ini.

 

  • Episode 5 : Military Dog

Tamtama Cho Suk-Bong merupakan tamtama yang sangat baik dan sabar. Ia merupakan mantan atlet judo, namun ia tak pernah melakukan kekerasan ataupun menyakiti orang lain. Bagi Tamtama An Jun-Ho, Tamtama Cho Suk-Bong merupakan senior yang sangat baik dan perhatian. Mereka berdua pun memiliki hubungan senior-junior yang cukup dekat dan baik. 

 

Di unitnya, sikap tenang dan sabar Tamtama Cho Suk-Bong dianggap sebagai sikap orang yang bodoh oleh seniornya. Ia pun selalu di buli dan kerap kali mendapatkan perlakukan yang tidak etis dari para seniornya. Tapi ia hanya selalu diam dan tak melawan karena ia tidak ingin menyakiti orang lain. Dengan segala perlakuan buruk yang ia terima, ia pun mengalami luka trauma yang cukup dalam.

 

Setelah memendam dan bertahan dengan waktu yang cukup lama, kemarahan Tamtama Cho Suk-Bong pun akhirnya tak terbendung lagi. Malam itu ia memukuli salah satu senior yang sering membulinya dan memutuskan untuk melakukan desersi.

 

  • Episode 6 : Onlookers

Sebagai D.P.,  Tamtama An Jun-Ho dan Han Ho-Yeol ditugaskan oleh Sersan Kim Sung-Kyun untuk menangkap Desentir Cho Hyun-Chul. Tujuan utama mereka menangkap Desentir Cho Hyun-Chul adalah agar dapat mencegahnya melakukan hal yang berbahaya.

 

Setelah melakukan pencarian dan observasi secara menyeluruh, tim D.P. akhirnya mengetahui bahwa tujuan utama dari pelarian Tamtama Cho Hyun-Chul adalah untuk membunuh Hwang Jang-Soo yang baru saja dibebastugaskan dari tugas militer. Hwang Jang-Soo sendiri merupakan orang yang dulu membuli Tamtama Cho Hyun-Chul dengan sangat sering dan sangat kejam. Tamtama Cho Hyun-Chul yang sudah kehilangan akal sehatnya benar-benar membulatkan tekadnya untuk membunuh Hwang Jang-Soo.

 

Disisi lain Letnan Lim Ji-Seob yang lebih mementingkan kepentingan atasan dan promosi jabatannya, membatasi tim D.P. dalam mencari Tamtama Cho Hyun-Chul. Hal ini benar-benar memperburuk keadaan. Keadaan pun semakin tak terkendali sehingga membuat Kapten sekaligus komandan polisi militer mengutus pasukan khusus militer untuk menemukan dan membunuh Tamtama Cho Hyun-Chul. Pada tahap ini tim D.P. berusaha semaksimal mungkin untuk menyelamatkan Tamtama Cho Hyun-Chul.

  

Istilah penting :

  • Desersi : Proses pelarian diri/pergi tanpa izin/mangkir dari tugas dinas militer (v).
  • Desentir : Orang yang melakukan desersi/Pembelot(n).
  • Pangkat Pemeran Utama : Tamtama → Kopral → Sersan → Letnan → Kapten.

Photo by : mydramalist.com/59001-d-p-dog-day



-Review-

Sebagian orang mungkin tidak tertarik dengan drama/film dengan tema militer. Kesan kekerasan sepanjang episode tentu sudah dibayangkan oleh penonton ketika akan menonton drama dengan tema ini, terutama ketika drama tersebut sama sekali tidak mengandung genre comedy ataupun romance. Namun bagi yang menyukai drama dengan genre action, crime, dan thriller, maka drama 'D.P.' sempurna banget untuk kamu.

Saya pada awalnya tertarik menonton drama ini karena adanya oppa Jung Hae-In dan penasaran dengan topik "D.P."/Deserter Pursuit. Drama ini mengangkat cerita tentang unit D.P. prajurit angkatan darat yang bertugas sebagai Polisi Militer Korea Selatan. Bagi saya yang cuma tahu sedikit tentang kemiliteran, tentu topik ini lumayan menarik untuk ditonton.

Photo by : mydramalist.com/59001-d-p-dog-day

Setelah menonton keseluruhan episode (hanya 6 episode), saya ikut merasa sedih dan haru atas segala kejadian di setiap episodenya. Kisah yang diusung di dalam drama ini benar-benar mampu menguras emosi. Ada banyak isu yang diambil drama ini, mulai dari KDRT, penyalahgunaan kekuasaaan, kasus bullying yang luar biasa kejam, hingga trauma mental yang bahkan dapat mendorong seseorang untuk membunuh ataupun bunuh diri. Saya kurang tahu apakah seluruh kisah drama ini dari kisah nyata atau hanya fiksi belaka, tetapi saya berharap bahwa seluruh kejadian itu tidak benar-benar terjadi.

Untuk unit D.P. sendiri ternyata memang benar adanya. Bahkan di wawancara salah satu media dikatakan bahwa penulis webcomic drama ini juga mantan anggota D.P.. Untuk masyarakat Korea Selatan mungkin istilah ini sudah tidak asing lagi mengingat warga mereka memiliki kewajiban untuk wajib militer. Berbeda dengan kita yang di Indonesia, yang mungkin hanya dapat mengetahui istilah-istilah kemiliteran jika memiliki keluarga yang bekerja di militer, memiliki pekerjaan atau hobi yang berhubungan militer, atau bahkan mendapatkan pendidikan khusus militer. 

Photo by : mydramalist.com/59001-d-p-dog-day

Di salah satu wawancara, dikatakan juga bahwa seluruh pemeran dalam drama ini sebelum memulai akting, mendapatkan pelatihan fisik dan melakukan wawancara di Kemiliteran. Hal ini juga lah yang membantu mereka dapat berakting dengan sangat baik dan terlihat riil. Dengan kisah yang mengharukan dan akting para pemeran yang begitu baik, teman-teman wajib banget menonton drama yang satu ini.

Saya pribadi ketika melihat Oppa Jung Hae-In memerankan karakter sebagai tentara di drama "D.P.", teringat kembali atas perannya sebagai Captain Yoo di drama 'Prison Playbook'. Aktingnya dalam drama tersebut merupakan salah satu favorit saya. Aktor Jung Hae-In benar-benar cocok dan bagus sekali kalau berperan sebagai tentara/polisi. Ia sangat dapat menjiwai perannya. Di dalam drama D.P. ini pun ada banyak scene dimana ia tak banyak berbicara, namun mimik wajah dan bahasa tubuhnya dapat menggambarkan segala perasaan karakter An Jun-Ho dengan sangat baik.

Photo by : mydramalist.com/59001-d-p-dog-day

Karakter lain favorit saya adalah Kopral Han Ho-Yeol yang diperankan oleh aktor Koo Gyo-Hwan. Aktingnya sebagai Kopral Han Ho-Yeol sangatlah bagus. Scene bromancenya sebagai Kopral Han Ho-Yeol dengan karakter Tamtama An Jun-Ho pun dikemas dengan sangat apik. Saya yang merasa belum pernah melihat aktor Koo Gyo-Hwan sebelumnya, langsung mencari tahu informasinya di google. Ternyata beliau merupakan aktor senior yang dalam 12 tahun masa berkarirnya lebih banyak berkarya di layar lebar/film, dan drama "D.P." ini merupakan drama perdana beliau. Tak heran jika kualitas akting aktor Koo Gyo-Hwan sangat bagus dan keren. Tapi awal pertama melihatnya muncul, saya mengira aktor Koo Gyo-Hwan merupakan orang Jepang. Ada yang kaya saya gak? Hehe

Photo by : mydramalist.com/59001-d-p-dog-day

Untuk ending, termasuk open ending menurut saya. Di akhir episode ada beberapa hal yang belum dijelaskan, dan waktu pemeran utama An Jun-Ho untuk dibebastugaskan dari tugas militer masih sangat lama, sehingga besar kemungkinan akan dijelaskan di season berikutnya. Kalau teman-teman penggemar drama series Netflix, tentu tak akan heran jika nantinya drama "D.P." akan memiliki season berikutnya (Meskipun sekarang belum ada kabar season 2 nya). Tapi bagi saya, season 1 ini sudah cukup memuaskan, dan sama sekali tidak merasa 'gantung' untuk episode akhirnya. 

Untuk yang ingin menonton drama ini, jangan ragu ya karena drama ini sangat bagus dan layak banget untuk ditonton. Bagi yang penasaran kisah lengkap drama ini langsung cus streaming via Netflix ya. See you di review lainnya 👋

Photo by : mydramalist.com/59001-d-p-dog-day
















Load comments